Bersaing 8.106 Pendaftar, Putri Asal Konut Ini Lolos di Fakultas Kedokteran UI, Impiannya Mengharukan

Bersaing 8.106 Pendaftar, Putri Asal Konut Ini Lolos di Fakultas Kedokteran UI, Impiannya Mengharukan
Nur Afriani Balqis Malik

Indosultra.com, Konawe Utara – Nur Afriani Balqis Malik merasakan kebahagiaan yang luar biasa. Impiannya untuk menjadi seorang mahasiswi kedokteran di lembaga pendidikan tinggi besar akhirnya terwujud.

Putri Asal Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra), ini tercatat sebagai salah satu peserta tes yang lolos murni sebagai mahasiswi di Universitas Indonesia (UI) Jakarta jurusan ilmu kedokteran.

Balqis sapaan akrab gadis remaja ini, tak pernah menyangka jika dirinya yang berasal dari desa ujung Utara Sulawesi Tenggara bisa bersaing dengan para peserta dari berbagai kota, dan provinsi se-Indonesia.

Sebelum masuk sebagai mahasiswi di universitas ternama tersebut, Balqis harus bersaing ketat dengan para pendaftar sebanyak 8.106 orang untuk jurusan kedokteran. Sementara, yang akan diterima hanya 90 orang saja.

Kegigihan dan optimesme anak pertama dari pasangan Abdul Malik dan Nurjannah Efendi ini, membuat dirinya bangkit dan terus belajar keras, berikhtiar serta berdoa agar hajatnya terwujud sebagai mahasiswi kedokteran.

“Semua tak lepas dari doa kedua orang tua saya, saudara dan dukungan dari keluar-keluarga,”kata Balqis usai menerima hasil kelulusan sebagai mahasiswi di UI.

Bersaing 8.106 Pendaftar, Putri Asal Konut Ini Lolos di Fakultas Kedokteran UI, Impiannya Mengharukan
Nur Afriani Balqis Malik

Kepada awak media, gadis remaja berkacamata ini mengungakapkan, yang tertanam diadalam hatinya adalah menjadi orang yang berguna dan bermanfaat untuk orang lain, serta mengangkat drajat orang tua dan keluarga.

Hal itu, yang membuat dirinya semakin semangat dan yakin bisa bersaing dengan putra-putri di tanah air.

“Inilah yang menjadi tujuan utama dalam hidup saya, yaitu membantu orang. Melalui jurusan kedokteran yang saya pilih ini, saya berharap bisa pulang kembali ke kampung halaman mengabdi kepada daerah dan melayani masyarakat di Konawe Utara,”ujarnya dengan nada haru.

Balqis menyampaikan, meski kedua orang tuanya seorang pejabat publik di pemerintahan dan legislatif, dirinya tetap berdiri pada prinsipnya untuk menjadi seorang yang mandiri dan lepas dari bayang-banyang kedua orang tua.

“Persoalan status sosial orang tua saya, itu adalah milik mereka bukan milik saya. Saya tanamkan prinsip mandiri dan optimesme dalam hidup saya, karena bagi saya tidak ada yang tak mungkin jika kita mau berusaha, berdoa dan ikhtiar. Dan alhmadulillah saya bisa lulus murni di UI fakultas kedokteran,”terangnya.

“Saya minta kepada yang maha kuasa senantiasa dilimpahkan rahmat, perlindungan, kesehatan dan rezeki. Agar kelak saya kembali ke kampung halaman untuk melayani masyarakat Konawe Utara di bidang kesehatan,”tambahnya.

Untuk diketahui, sebanyak 52.768 orang mendaftar sebagai calon mahasiswa di UI Jakarta. Program Studi (Prodi) yang dibuka antara lain;

Prodi Favorit Saintek SIMAK UI 2022

1. Pendidikan Dokter
2. Pendidikan Dokter Gigi
3. Sistem Informasi
4. Kesehatan Masyarakat
5. Ilmu Komputer

Prodi Favorit Soshum SIMAK UI 2022

1. Ilmu Hukum
2. Psikologi
3. Manajemen
4. Ilmu Komunikasi
5. Akuntansi

Prodi Favorit Vokasi SIMAK UI 2022

D4: Bisnis Kreatif
D3: Hubungan Masyarakat.

Untuk fakultas kedokteran sebanyak, 8.106 pendaftar dan yang diterima hanya 90 orang saja.*(IS)

Laporan: Redaksi.