Buka Musrembang, Bupati Konut Warning Para Kepala Desa dan BPD

Ketgam: Bupati Konut, Ruksamin saat memberikan sambutan diacara Musrembang Tingkat Kecamatan.(Foto Istimewa).

Indosultra.Com, Konawe Utara-Bupati Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra), Ruksamin warning para Kepala Desa (Kades) dan anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) agar melaksanakan program dana desa tepat sasaran, dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat bukan pribadi atau kelompok.

Pernyataan itu, disampaikan saat membuka secara resmi Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrembang) tingkat kecamatan tahun anggaran 2022 di Kecamatan, Wiwirano dan Landawe, Selasa (15/2/2022).

“Para Kepala Desa bersama BPD harus memetakan program mana yang pendanaannya bersumber dari APBN, APBD, dan Dana Desa. Harus tepat sumber dan tepat pemanfaatannya agar tidak merugikan masyarakat. Dan apa yang menjadi prioritas dapat terlaksana”tegasnya sembari mewarning para Kades dan anggota BPD yang hadir.

Bupati dua periode ini juga mengingatkan, agar usulan program dari desa mampu diserap oleh Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) Pemerintah Konut sehingga, sasarannya terpusat pada kepentingan masyarakat.

“Usulan dari desa harus diserap oleh SKPD. Kemudian dalam menyusun program kegiatan supaya menyasar ke kepentingan masyarakat desa, agar program yang ada dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan RPJMDes dapat sejalan”imbaunya.

Musrembang Tingkat Kecamatan 2022 ini dilaksanakan dalam rangka penyusunan RKPD Kabupaten Konawe Utara Tahun 2023, dengan Tema “Pemulihan Ekonomi dan Peningkatan Kualitas SDM serta Infrastruktur Dasar”.

Ruksamin juga menghimbau, agar dalam menyusun perencanaan anggaran benar-benar strategis baik di sektor pendapatan masyarakat dari sektor pertanian, perkebunan, perikanan, pertambangan, pariwisata dan lain-lain supaya dapat meningkatkan daya saing ekonomi.

“Kami di pemda dan DPRD akan selalu bersinergi untuk mewujudkan visi-misi Konasara, sehingga selain pembangunan infrastruktur fisik, pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) juga adalah hal yang utama,”ujarnya.

Dalam kegiatan itu, juga di hadiri langsung Wakil Bupati Konut, Abu Haera, Sekretaris Daerah, Kasim Pagala, Forkopimda, Asisten dan Staf Ahli, Ketua DPRD, Ikbar, dan Wakil Ketua bersama anggota DPRD, Kepala OPD, serta para Kepala Desa dan pengurus BPD dari masing-masing Kecamatan.*(IS) (ADV)

Laporan: Jefri