Dinkes Konut Rancang Pembentukan BLUD di Puskesmas

Indosultra.Com, Konawe Utara – Dinas Kesehatan Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra), rencanakan pembentukan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) di Puskesmas-puskesmas wilayah itu.

Kadis Kesehatan Konut, Nurjanah Efendi, SKM.,M.Si.,M.Kes mengatakan, pembentukan BLUD di Puskesmas-puskesmas tujuan utamanya adalah untuk peningkatan layanan kesehatan di masyarakat.

Lain dari itu, mendorong peningkatan kualitas layanan di Puskesmas baik dari segi infrastruktur sarana dan prasarana, serta sumber daya manusianya.

“Seperti yang tadi rawat jalan. Jika sudah naik status jadi BLUD sudah bisa dilakukan rawat inap,”kata Nurjanah Efendi, Senin 3 Juni 2024.

Nurjanah mengungkapkan, untuk rencana awal pihaknya menargetkan 5 Puskesmas terbentuk jadi BLUD dari 22 Puskesmas yang ada.

“Secara bertahap kita dorong terus pengembangannya sehingga semua bisa jadi BLUD,”ujarnya.

Disampaikan, untuk di Sulawesi Tenggara beberapa daerah telah menjalankan program Puskesmas jadi BLUD antara lain, Kota Kendari, Kabupaten Konawe Selatan, Konawe dan Kabupaten Kolaka.

“Sekarang Konawe Utara yang sementara kita genjot,”terangnya.

Dia menambahkan, untuk membentuk BLUD di Puskesmas memiliki mekanisme persyaratan yang harus dilaksanakan.

“Untuk pembentukannya kota laksanakan dulu sosialisasi, pihak Puskesmas menyurat ke Dinkes, selanjutnya Dinkes koordinasikan ke Sekda. Untuk pembentukan BLUD ini kita prioritaskan akreditasi paripurna,”tutupnya.**(IS/B)

Laporan: Jefri

Koran indosultraKoran indosultra
error: Hak cipta dilindungi undang-undang !!