Kota Kendari Kembali Meraih Penghargaan Adipura ke-11 di Jakarta

Kota Kendari Kembali Meraih Penghargaan Adipura ke-11 di Jakarta
Pemkot meraih penghargaan Adipura di Jakarta

Indosultra.com, Kendari – Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), kembali meraih penghargaan Adipura tahun 2022, kategori Kota Sedang, atas komitmennya terhadap pengelolaan kebersihan dan lingkungan hidup perkotaan.

Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu, menerima langsung piala Adipura tersebut, yang diserahkan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) – RI, Sitti Nurbaya di Auditorium Dr. Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti, Kantor Kementerian LHK, Jakarta, Selasa (28/02/2023).

Pj Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu menyampaikan bahwa, penghargaan Adipura tersebut merupakan Adipura pertama pasca Pandemi Covid-19, penghargaan ini dimaksudkan dalam upaya mendorong pemerintah daerah membangun keaktifan partisipasi masyarakat dalam mewujudkan kota yang berkelanjutan dengan tujuan untuk memacu masyarakat ikut memberi andil dalam membangun kota dengan lingkungan yang bersih.

“Semoga penghargaan ini menjadi pemicu dan pemacu semangat bersama dengan semakin meningkatnya kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam pengelolaan kebersihan serta sampah untuk mewujudkan Kota Kendari yang bersih dan asri sebagai bagian dari Kendari Bergerak,”ucap Asmawa Tosepu, dalam rilis pers, Selasa (28/2/2022).

Lebih lanjut ia menjelaskan parameter keberhasilan raihan Adipura tersebut dilihat dari kebijakan, output program, dan dukungan anggaran dengan pemanfaatan secara optimal serta meningkatnya peran dan tanggung jawab masyarakat terhadap kebersihan lingkungan masing-masing. Capaian penghargaan ini, tidak terlepas dari sinergi dan kolaborasi dari seluruh stakeholders yang ada di Kota Kendari, dalam mewujudkan kebersihan lingkungan masing-masing yang pada akhirnya berakumulasi pada kebersihan kota secara menyeluruh.

“Terimakasih kepada seluruh warga kota, aparat pemerintah mulai dari tingkat kelurahan dengan RT/RWnya, kecamatan, OPD, jajaran Forkopimda serta pihak-pihak terkait lainnya yang telah peduli dan berkontribusi dalam pengelolaan kebersihan di Kota Kendari selama ini. Secara khusus penghargaan Adipura ini didedikasikan kepada petugas kebersihan Pemkot Kendari yang telah bekerja keras, sehingga Kota Kendari dinilai layak sebagai kategori kota sedang yang berhasil dalam manajemen pengelolaan kebersihan,” pungkasnya.

Ketua DPRD, Subhan, yang hadir dalam acara penghargaan tersebut, mengucapkan selamat kepada pemerintah dan seluruh warga Kota Kendari atas pengharapan ini.

“Ini (Adipura) merupakan hasil jerih payah seluruh pihak, dalam turut serta menjaga kebersihan dan keindahan kota, ditambah dengan terbentuknya satgas penataan kota merupakan wujud komitmen bapak Pj.Wali Kota untuk mewujudkan Kendari yang bersih dan nyaman,” tutur Subhan.

Diketahui penghargaan Adipura 2022 diberikan kepada 258 kabupaten/kota se-Indonesia, atau 50,2% dari 514 Kabupaten/Kota di Indonesia. Adapun hasilnya adalah Pertama, Kategori Adipura Kencana untuk 5 kabupaten/kota. Kedua, Kategori Adipura untuk 80 kabupaten/kota. Ketiga, Sertifikat Adipura untuk 61 kabupaten/kota sebagai upaya pengelolaan sampah dari sumbernya dengan baik. Keempat, Plakat untuk 4 kabupaten/kota, lokasi tematik dengan kondisi pengelolaan sampah terbaik di kabupaten/kota. Secara singkat, penghargaan Adipura merupakan sebuah penghargaan bagi kabupaten/kota di Indonesia yang berhasil dalam kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan.(b)

Laporan: Ramadhan

Koran Indosultra Koran Indosultra