Target Kekebalan Kelompok, Binda Sultra Gelar Vaksinasi Door to Door di 3 Daerah

Target Kekebalan Kelompok, Binda Sultra Gelar Vaksinasi Door to Door di 3 Daerah

Indosultra.com, Kendari – Badan Intelijen Daerah (Binda) Sulawesi Tenggara (Sultra) mengelar Vaksinasi massal di tiga tiga daerah, Kamis (14/10/2021). Tiga daerah itu yakni Kota Kendari, Kabupaten Konawe dan Kabupaten Konawe Selatan.

Di kota Kendari, tim Binda Sultra menjemput bola dari rumah ke rumah dengan target kelompok lanjut usia (Lansia) di tiga kabupaten kota di Sultra.

Kepala Binda Sultra Brigadir Jenderal (Brigjend) Toto Oktaviana menjelaskan, kegiatan vaksinasi ini untuk mengejar kekebalan kelompok.

Target Kekebalan Kelompok, Binda Sultra Gelar Vaksinasi Door to Door di 3 Daerah

“Kami target 5500. Kami laksanakan di tiga Kabupaten/kota,” ungkap Toto Oktaviana di lokasi vaksinasi di SMA Negeri 1 Kendari, Kamis (14/10/2021).

Dia mengungkapkan, Vaksinasi untuk warga Lansia pun juga tetap berlangsung, namun untuk masyarakat lansia yang jauh dari lokasi vaksin maka akan dilaksanakan dengan cara door to door. “Kita punya cara sendiri dengan cara door to door, sehingga para lansia yang jauh dari tempat vaksin kami datangi hari ini,” jelasnya.

Ia pun mengapresiasi masyarakat Sultra atas antusiasmenya dalam mensukseskan program pemerintah Herd Immunity (kekebalan kelompok).

Untuk jenis vaksin yang diberikan di SMA Negeri 1 Kendari dan Kelurahan Petoaha, Kecamatan Nambo Kendari adalah Sinovac.

Di sisi lain, Kepala Bidang Pembinaan SMA Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sultra, La Samahu mengungkapkan saat ini siswa SMA maupun SMK di Sultra telah mencapai 63 persen. Namun lanjutnya, proses pembelajaran tatap muka masih menjadi yang utama dan peserta didik juga sudah harus divaksin.

Dalam pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas itu, kata La Samahun, tidak terdapat keluhan dari peserta didik ataupun yang kemudian sakit usai pembelajaran tatap muka.

“Semua peserta didik diharapkan tervaksin, dan syarat mutlak yang harus dipenuhi adalah harus punya izin dari orang tua,” terangnya. (b)

Laporan Rachmat Ramadhan