2.964 Kafilah Hadiri MTQ ke 30 Tingkat Provinsi di Konut, Ruksamin Lantunkan Ayat Suci Al-Qur’an Bersama 500 Santri

Indosultra.Com, Konawe Utara -Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-30 tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara tahun 2024 resmi dibuka pada Sabtu malam, 22 Juni 2024. Kabupaten Konawe Utara (Konut), merupakan tuan rumah pelaksanaan MTQ.

Acara berlangsung di Bundaran Konasara, Desa Labungga, Kecamatan Andowia. Kegiatan keagamaan ini, dibuka oleh Sekretaris Daerah Provinsi Sultra, Asrun Lio, yang mewakili Penjabat Gubernur Sultra.

Sebagai tuan rumah, Bupati Konawe Utara, Ruksamin, mengucapkan terima kasih kepada seluruh tamu undangan, kafilah, dan para peserta MTQ ke-30 tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara tahun 2024.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Konawe Utara, saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kehadiran Bapak Ibu di Bumi Oheo, Kabupaten Konawe Utara,” ucapnya.

Ruksamin juga menyampaikan bahwa jumlah keseluruhan peserta kafilah dari 17 kabupaten, serta dewan hakim yang hadir berjumlah kurang lebih 2.946 orang.

Ia menjelaskan, pemilihan lokasi pembukaan di Kompleks Bundaran Konasara, karena tempat tersebut akan menjadi pusat kawasan perkantoran, serta simbol kebudayaan dan keagamaan. Dan akan menjadi pusat kegiatan masyarakat di masa mendatang.

“Sengaja kami menempatkan acara pembukaan MTQ ke-30 di lokasi ini, yang sementara dalam proses pembangunan salah satu landmark terindah di Sulawesi Tenggara, yaitu Tugu Bulan Sabit setinggi 30 meter yang dihiasi 99 lafal Asmaul Husnah, serta Amphiteater seluas 7 hektar yang diperkirakan rampung pada Desember ini,”ungkap Bupati Konut Ruksamin, diacara itu.

Mantan Ketua DPRD Konut ini menyampaikan, MTQ ini juga merupakan momentum untuk menguatkan kebersamaan, dan persatuan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, khususnya di Sulawesi Tenggara.

Tema MTQ ke-30 tahun 2024 ini adalah “Melalui Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ), Kita Wujudkan Sumber Daya Manusia Qur’ani Menuju Sultra Maju Untuk Indonesia Emas.”

Ruksamin yang juga memimpin Ketua DPW Partai Bulan Bintang Sultra ini yakin dengan menjadikan Al Qur’an sebagai sebagai sumber hukum, inspirasi, dan pedoman hidup, maka akan membawa Sultra Maju untuk Indonesia Emas di masa mendatang

Sebagai tuan rumah, ia berharap nilai-nilai silaturahmi dan kebersamaan yang tercipta antar kafilah di arena MTQ maupun dengan masyarakat Konawe Utara akan mengalahkan semangat berlomba untuk menjadi juara.

Ia juga mengajak untuk menjadikan Musabaqah ini sebagai wahana untuk menumbuhkan ukhuwah Islamiyah, ukhuwah wathaniyah, dan ukhuwah insaniyah di Sulawesi Tenggara.

Mengakhiri sambutannya, Ruksamin yang juga Ketua Umum IKA SMANWA ini kembali mengucapkan terima kasih atas kepercayaan Pemerintah Provinsi Sultra dan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sultra yang menempatkan penyelenggaraan MTQ ke-30 di Kabupaten Konawe Utara.

“Saya mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada seluruh panitia penyelenggara, sponsor, dan semua pihak yang telah bekerja keras untuk menyukseskan acara ini,” tutupnya.

Sementara itu, Sekda Provinsi Sultra, Asrun Lio saat membuka Mtq, memberikan apresiasi kepada Pemda Konawe Utara atas pelaksanaan MTQ ini.

“Alhamdulillah, Pemda Konawe Utara selaku tuan rumah dinilai mampu menyelenggarakan MTQ ke-30,” ungkapnya.

Asrun juga kagum dan memberikan pujian kepada Bupati Konawe Utara yang melantunkan ayat suci Alquran dengan penuh khidmat bersama lebih dari 500 santri.

Ia mengungkapkan bahwa Bupati Konawe Utara merupakan kepala daerah pertama di Sultra yang melantunkan ayat suci Alquran saat pembukaan MTQ.

“Ini pertama kali pembukaan MTQ di Sultra dilantunkan langsung oleh Bupati,” pujinya.

Diketahui, pembukaan ini dihadiri oleh Forkopimda Provinsi, Bupati dan Walikota se-Sultra, Wakil Bupati Konut, serta Sekda Kabupaten/Kota se-Provinsi Sulawesi Tenggara.**(IS/AD/A)

Laporan: Jefri

Koran indosultraKoran indosultra
error: Hak cipta dilindungi undang-undang !!