215 Pejabat Dilantik dan Pengambilan Sumpah oleh Bupati Kolaka Timur untuk Merevitalisasi Organisasi Pemerintahan

IndoSultra, Com. Kolaka Timur, – Pada Acara Pelantikan dan Pengambilan Sumpah/Janji Jabatan, Bupati Kolaka Timur, Abdul Azis, SH., MH, telah melantik 215 pejabat yang terdiri dari Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Administrator, Pejabat Pengawas, dan Pejabat Fungsional di Aula Pemerintah Daerah pada hari Senin (18/03/2024). Siang

Acara tersebut turut dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kolaka Timur, Andi Muh. Iqbal Tongasa, S.STP., M.Si, Kepala Kepolisian Resor Kolaka Timur, AKBP Yudhi Palmi DJ, S.I.K, M.Si, serta Ketua Tim Penggerak PKK Kolaka Timur, Hartini Azis, A, Ma, dan sejumlah pejabat terkait lainnya.

Pelantikan ratusan pejabat ini dilakukan sebagai langkah untuk mengisi posisi jabatan yang kosong dan memperkuat struktur organisasi pemerintahan di Kabupaten Kolaka Timur.

Dalam sambutannya, Bupati Abdul Azis menyampaikan harapannya agar para pejabat yang baru dilantik dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawab mereka dengan penuh dedikasi, integritas, dan profesionalisme.

Beliau juga menekankan pentingnya menjaga etika dan moralitas dalam melaksanakan tugas kepegawaian demi terwujudnya pelayanan publik yang berkualitas bagi masyarakat.

Para pejabat yang dilantik, diharapkan mampu menjalankan tugas-tugasnya dengan baik sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku, serta dapat memberikan kontribusi positif bagi kemajuan Kabupaten Kolaka Timur.

Bupati Azis menyatakan bahwa pelantikan ini merupakan komitmen Pemerintah Daerah dalam melakukan penataan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia di lingkungan pemerintahan.

“pelantikan hari ini merupakan acara seremoni belaka dalam rangka mewujudkan tonggak sejarah kemajuan dan kebersamaan kita” katanya

Ia menekankan bahwa pelantikan ini bukanlah semata-mata sebuah seremoni formal, tetapi panggilan untuk membawa perubahan yang nyata dalam kehidupan masyarakat Kolaka Timur.

“Ini adalah sebuah tanggung jawab untuk memimpin dan melayani masyarakat dengan penuh dedikasi dan integritas” tutur Bupati Azis

Selain itu, Bupati Azis mengajak semua untuk merenung sejenak tentang arti sebenarnya dari kepemimpinan. Beliau menegaskan bahwa kepemimpinan bukanlah sekadar jabatan atau kekuasaan, melainkan amanah suci untuk memperjuangkan kepentingan rakyat.

Dalam konteks persatuan dan kebersamaan, Bupati Azis menyoroti pentingnya untuk bersatu, bekerja sama, dan saling mendukung satu sama lain dalam membangun Kolaka Timur menuju kesejahteraan yang lebih baik.

“Kolaka timur adalah rumah kita bersama. di sini, kita semua adalah satu keluarga besar, satu kesatuan yang tak terpisahkan, untuk mencapai impian yang sama kita harus bersatu, bekerja sama, dan saling mendukung satu sama lain demi mewujudkan kesejahteraan bagi setiap warga kolaka timur,” Jelasnya

Bupati koltim mengingatkan Kepada para pejabat yang baru dilantik, sudah saatnya bagi kita untuk berkomitmen sepenuh hati untuk melayani masyarakat dengan penuh integritas dan dedikasi

“Kita tidak boleh lupa bahwa kepercayaan yang telah diberikan kepada kita adalah amanah dari rakyat, dan kita berhutang bakti kepada mereka pada kemajuan. Di tengah perbedaan dan tantangan, mari kita jadikan utama untuk mencapai kebersamaan sebagai pondasi yang kokoh untuk membangun kolaka timur dengan kebersamaan dan persatuan yang lebih baik” ujarnya

Dengan semangat kuat dan tekad yang bulat, beliau yakin bahwa setiap rintangan dan tantangan dapat diatasi jika dilakukan bersama-sama.

“Tidak ada yang tidak mungkin bagi kita, jika kita lakukan bersama-sama, kita pasti bisa mengatasi setiap hambatan dan menjadikan kolaka timur sebagai contoh kabupaten gemilang bagi daerah lainnya,” Bebernya

Ditempat terpisah, dalam keterangannya, Kepala BKPSDM Kolaka Timur, Ruslan, SE, menegaskan bahwa proses seleksi jabatan eselon dua atau jabatan tinggi pratama dilakukan secara transparan dan akuntabel, tanpa ruang bagi nepotisme.

“bahwa proses seleksi dilakukan tanpa pungutan biaya sedikit pun, sehingga kami mendukung kebijakan pimpinan dalam hal ini pak bupati sesuai dengan komitmen Pemerintah Daerah Kolaka Timur untuk menciptakan pelayanan publik yang berkualitas dan bermartabat,” Ungkap Ruslan.

Ruslan, menjelaskan bahwa pelantikan pejabat hari ini merupakan hasil dari seleksi terbuka yang dilakukan oleh panitia seleksi beberapa waktu yang lalu.

“Sebelum di laksanakan asessment melalui panitia seleksi terlebih dahulu dilakukan verifikasi berkas seleksi sebelum masuk ke tahap seleksi selanjutnya yakni assesment di center polda, kemudian dilanjutkan uji kompetensi dan Alhamdulillah hasilnya yang tadi kita saksikan bersama” jelasnya

Di harapkan para pejabat yang baru dilantik siap menjalankan tugas dengan amanah, tanggung jawab, dan dedikasi, khususnya dalam meningkatkan kontribusi Melalui Gerakan Membangun dan Melayani Masyarakat (GEMAS) Kolaka Timur.

Laporan Asrianto Daranga.

 

Koran Indosultra Koran Indosultra