Seorang Anggota TNI Ditemukan Meninggal Usai Tenggelam di Pantai Nirwana Baubau

Tim Rescue Pos SAR Baubau mengevakuasi korban
Tim Rescue Pos SAR Baubau mengevakuasi korban

Indosultra.com, Kendari – Seorang anggota TNI bernama Prada Saiful Anwar (23), Babinsa Koramil 1413-04/Mawasangka Kodim 1413/Buton, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), ditemukan meninggal dunia setelah tenggelam saat sedang berenang bersama di Pantai Nirwan Baubau pada Senin (22/8/2022) sekitar pukul 16.30 WITA.

Humas Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Kendari, Wahyudi, mengatakan informasi yang diterima pada Senin (22/8/2022) pukul 17.30 Wita bahwa Korpos Baubau menerima informasi dari Muh Faozan yaitu Dandim 1413 Buton yang melaporkan pada pukul 17.15 Wita telah terjadi kondisi membahayakan manusia terhadap satu orang yang tenggelam di Pantai Nirwana Baubau

“Berdasarkan laporan tersebut, pukul 17.40 Wita Tim Rescue Pos SAR Baubau diberangkatkan menuju lokasi kejadian untuk memberikan bantuan SAR, dengan menempuh jarak 1,8 kilometer dari Pos SAR Baubau,” kata Wahyudi dalam rilis pers, Selasa (23/8/2022).

Wahyudi menjelaskan peristiwa itu bermula saat korban bersama rekannya tiba di Villa Pantai Nirwana dalam rangka mengecek kesiapan kamar untuk kunjungan tamu penutupan TMMD, selanjutnya korban bersama rekannya mandi-mandi di sekitar dermaga villa Pantai Nirwana. Sekitar pukul 17.15 Wita saat korban sedang mandi, korban terseret arus dan tenggelam, rekan korban telah berusaha menolong namun karena arus pada saat itu deras sehingga korban tidak dapat diselamatkan oleh rekannya.

“Pada pukul 17.50 Wita Tim Rescue Pos SAR Baubau tiba di lokasi kejadian, dan langsung melakukan penyisiran bersama unsur yang terlibat hingga pukul 20.00 Wita. Namun hasil nihil sehingga pencarian dihentikan sementara dan dilanjutkan hari ini pada Selasa (23/8/2022) pagi,”jelas Wahyudi.

Lebih lanjut ia menjelaskan, hari ini pukul 06.30 Wita Tim SAR gabungan kembali melanjutkan pencarian dengan menurunkan 11 orang penyelam yang telah dibagi 3 titik lokasi penyelaman dan alat yang ada akan digunakan untuk melakukan penyisiran di sekitar lokasi kejadian dengan luasan area pencarian 2,5 mil laut. Selanjutnya pukul 08.55 Wita korban ditemukan oleh Tim SAR gabungan di kedalaman 35 meter dalam keadaan meninggal dunia sekitar 30 meter dari lokasi kejadian, kemudian langsung dievakuasi ke Rumah Sakit Umum Palagimata Baubau untuk divisum.

“Dengan ditemukannya korban tersebut, Ops SAR terhadap satu orang yang tenggelam di Pantai Nirwana Baubau dinyatakan selesai dan ditutup. Seluruh unsur yang terlibat dikembalikan ke kesatuannya masing-masing,”tutup Wahyudi.

Operasi pencarian ini melibatkan berbagai pihak yaitu Rescuer Pos SAR Baubau, Kodim 1413 Buton, Polair Polres Baubau, Pos AL Baubau, PMI Baubau
Dan Komunitas Penyelam Baubau. (b)

Laporan : Ramadhan

error: Hak cipta dilindungi undang-undang !!