Hari Kedua Porprov, Konawe Utara Duduki Urutan Teratas Perolehan Medali Emas Terbanyak Se-Sultra

Ruksamin – Abu Haera

Indosultra.Com, Bau-Bau, Buton- Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) yang berlangsung di Kota Bau-Bau dan Kabupaten Buton, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), masih terus berlanjut.

Para atlet dari 17 kabupaten/kota masih terus bersaing untuk menjadi sang juara pada invent bergensi olahraga se-Sultra itu. Sekitar 36 cabang olahraga (cabor) di pertandingkan dalam kegiatan tersebut.

Apdet hari kedua peroleh medali emas untuk Kabupaten Konawe Utara (Konut) dibawah pengawalan langsung Bupati Konut, Ruksamin dan Ketua KONI Konut, Abu Haera.

BACA JUGA: Raihan Emas Cabor Angkat Berat Konut Melaju, Dari 10 Emas Naik 15 emas, KONI Siapkan Bonus 750 Juta

Dari data yang diperoleh awak media di media center KONI Konut mencatat, peroleh medali terus meningkat pesat. Di hari pertama Porprov, Konut berhasil mengumpulkan 13 medali emas, dan di hari kedua ini naik pesat hingga peroleh 36 medali emas.

Atlet Konawe Utara saat menerima bonus Proprov dari Bupati Konut yang diwakili Ketua KONI Konut 

Total medali medali emas yang diraih atlet asal Bumi Oheo itu, terdiri dari 9 cabang olahraga (cabor). Selain itu juga ada 8 perak serta 7 perunggu. Berikut datanya:

1. Balap sepeda, 2 emas ,1 perunggu.
2. Angkat berat, 15 emas, 3 perak, 1 perunggu .
3. Perbakin, 6 emas, 1 perak, 1 perunggu.
4. Renang, 4 emas, 2 perak.
5. Athletik, 2 emas, 1 perak, 1 perunggu.
6. Pencak Silat, 1 emas, 2 perak, 1 perunggu.
7. Binaraga 2 emas.
8. Selam, 1 emas, 1 perak, 2 perunggu.
9. Wushu 3 emas.

BACA JUGA: Ahmad Fikri Borong 4 Emas, KONI Konut Siapkan Bonus 200 Juta, Kadis PPKB: Besok Target Emas Lagi

Mewakili Bupati Konut, Ruksamin, Ketua KONI Konut, Abu Haera mengatakan, atlet Konut masih akan terus berjuang menambah pundi-pundi medali.

“Masih banyak yang belum kita pertandingkan. Untuk Konawe Utara ada 33 cabang olahraga yang kita ikuti dari 36 cabor yang dipertandingkan,”katanya, Senin (28/11/2022).

Pria yang juga menjabat Wakil Bupati Konut ini menyampaikan, pihaknya memastikan segala kesiapan atlet dan fasilitas terus di maksimalkan, agar dapat menampilkan performa terbaik dan menjadi juara.

“Dari bapak bupati sudah siapkan bonus besar, bahkan di naikkan bonusnya. Untuk Emas Rp 50 juta, perak Rp 20 juta, perunggu Rp 10 juta. Di tambah lagi bonus pelatih yang atletnya dapat medali emas di beri Rp 10 juta permedali,”ungkapnya.

BACA JUGA: Kadinsos Konut Sukses Bawa Atletnya Raih 2 Medali Emas, Ketua KONI Serahkan Bonus 2 Sekaligus

Diamenambahkan, raihan mendali yang diperoleh dari beberapa cabor masih akan dilaporkan ke media center Porprov Provinsi, untuk di masukkan dan ditambahkan jumlah medalinya dari perolehan medali sebelumnya.

Jika melihat data perolehan medali dari masing-masin kabupaten se Sultra, Konawe Utara menduduki posisi teratas untuk sementara dengan capai medali terbanyak dengan total 51. medali. Masing-masin 36 medali emas, 8 perak dan 7 perunggu.

BACA JUGA: Atlet Binaraga Konut Sabet 2 Medali Emas, Wakil Sekertaris KONI Langsung Serahkan Bonus 50 Juta

Untuk pengumuman sementara, posisi kedua di isi Kabupaten Bau-Bau dengan Raihan 15 emas, 11 perak, 6 perunggu, total 32 medali.

Untuk posisi ketiga terbanyak, di isi Kabupaten Buton, dengan perolehan medali, emas 7, perak 9, dan perunggu 10 total 26 medali.

Posisi keempat diambil dari Kabupaten Muna, dengan capaian medali, emas 9, perak 6, perunggu 9, total medali 24.

Posisi kelima ada Kabupaten Konawe dengan perolehan medali, emas 2, perak 9, perunggu 7, total 18 medali.

Namun demikian, data yang disampaikan merupakan hasil sementara perolehan medali dari kabupaten lain, dan masih akan terus bertambah hingga ditetapkannya perolehan medali pada akhir acara nanti.**(IS)

Laporan: Jefri

error: Hak cipta dilindungi undang-undang !!