Ruksamin Mempunyai Visi Mengatasi Permasalahan Pembagunan di Sultra

Indosultra.Com,Kendari – Bupati Konawe Utara (Konut) Ruksamin melaksanakan Soft Launching Prongram Unggulan Sultra 2024 dengan bertemakan “Sultra Pusat Energi Dunia”, Soft launching tersebut berlangsung di Hotel Azizah Kota Kendari pada, Selasa malam (14/3/2023).

Dalam Soft Launching tersebut Ruksamin memaparkan sejumlah permasalahan yang ada di Sulawesi Tenggara (Sultra) seperti angka kemiskinan, pengangguran, jalan rusak, serta gini ratio/ketimpangan wilayah.

Bupati Konawe Utara Ruksamin, dalam sambutan mengatakan di Sulawesi Tenggara ini masih banyak permasalahan pembangunan seperti angka kemiskinan mencapai 11. 74 %, ini masih menjadi beban utama pembangunan yang kondisinya semakin parah, tingkat pengangguran mencapai 3.86%, dan kondisi jalan rusak 302 km/30%, serta gini ratio/ketimpangan wilayah.

“Dan untuk permasalah itu saya mempunyai visi kedepan untuk pembangunan yang dapat memastikan terbangunnya sinergi harmonis antar masyarakat (antar suku, agama, daratan-kepulauan), negara (pemerintah provinsi dan kabupaten/kota) dan swasta, dalam pengelolaan sumber daya alam,” ujarnya.

Lanjut Ruksamin, harmonis antar masyarakat mempunyai arti bahwa masyarakat yang menjadi fokus utama pembangunan harus semakin sejahtera dan terjamin hak-haknya. Negara (Pemerintah Pusat hingga Daerah) sebagai pemangku kewenangan menjadi semakin optimal dan efektif mencapai tujuan-tujuan pembangunan, serta swasta pun semakin berkembang sehingga mampu memberikan dampak positifterhadap perekonomian lokal.

“Keselarasan antara tiga komponen tersebut, menjadi modal utama Sultra untuk mewujudkan visi “SULTRA PUSAT ENERGI DUNIA,” jelasnya.

Laporan: Krismawan

error: Hak cipta dilindungi undang-undang !!