WNA di Sultra Capai 3.062 Orang, China Mendominasi

WNA di Sultra Capai 3.062 Orang, China Mendominasi
Rapat koordinasi tim pengawasan orang asing (PORA), di salah satu hotel di Kendari, Selasa (23/3/2021) (Indosultra.com)

Indosultra.com, Kendari – Warga negara asing (WNA) di Sulawesi Tenggara (Sultra) saat ini tercatat ada 3.062 orang, sebanyak 3.033 di antaranya adalah WNA China. Sisanya berasal dari Thailand, Filipina, dan India.

Hal ini diungkakan Kepala Kanwil Kemenkumham Sultra Silvester Sili Laba dalam rapat koordinasi (rakor) Tim Pengawasan Orang Asing (Pora) di salah satu hotel di Kendari, Selasa (23/3/2021).

Meskipun begitu, Kakanwil tidak merinci masing-masing berapa jumlah warga asing di luar dari WNA China. Namun semua WNA tersebut bekerja di lokasi tambang Morosi sejak 2014 silam.

Wakil Gubernur (Wagub) Sultra Lukman Abunawas
Lukman Abunawas

Wakil Gubernur (Wagub) Sultra Lukman Abunawas turut hadir dalam agenda rakor tersebut. Dalam sambutannya Lukman mengajak seluruh elemen yang ada dalam Tim Pora untuk turun lapangan mengawasi keberadaan dan aktivitas orang asing di Sultra.

Wagub pun sangat mengapresiasi kegiatan rakor tersebut. “Saya mengapresiasi kegiatan ini, karena selama sembilan tahun berkecimpung dalam pemerintahan provinsi, yaitu saat menjadi sekretaris daerah hingga wagub, baru kali ini saya mengetahui ada tim yang dibentuk khusus mengawasi orang asing,” tambahnya.

Wagub berharap ke depannya rapat-rapat terpadu mengenai pengawasan orang asing dapat terus dilakukan.

Laporan : Ramadhan

error: Hak cipta dilindungi undang-undang !!