Antisipasi Munculnya Penyakit Dimusim Hujan, Dinkes Konut Maksimalkan Penanganan Medis Diseluruh Puskesmas

Lagi, Melalui Usulan Dinkes Pemda Konut Kembali Peroleh Tenaga Kesehatan NS Dari Kemenkes
Nurjannah Efendi

Indosultra.Com, Konawe Utara– Kondisi curah hujan yang terus mengguyur saat ini, tidak rentang menimbulkan resiko bencana alam saja, tapi juga penyakit.

Mengantisipasi hal itu, Pemerintah Daerah (Pemda) Konut, melalui Dinas Kesehatan (Dinkes), memaksimalkan penangan medis di seluruh puskesmas-puskesmas di wilayah itu.

Kepala Dinkes Konut, Nurjannah Efendi mengungkapkan, pelayanan kesehatan semakin ditingkatkan menghadapi musim penghujan saat ini.

Serta, meyiagakan tim tenaga medis yang tersebar di 22 puskesmas wilayah Konut, masing-masing terdiri dari dokter, perawat dan bidan.

Hal ini, kata Nurjannah untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan memasuki musim hujan saat ini.

Wanita bergelar magister kesehatan ini menerangkan, cuaca yang tak menentu saat ini sangat rawan mengundang virus dan bakteri yang dapat menimbulkan penyakit seperti demam, batuk, sesak nafas, gatal-gatal pada kulit, bahkan bisa menimbulkan penyakit demam berdarah.

“Inilah yang kami antasipasi menyiagakan tim medis. Jika ada masyarakat kita yang terserang penyakit di musim hujan saat ini,”ungkapnya, Jumat (14/7/2023).

Dia menyampaikan, mulai tim medis sampai seluruh fasilitas pengobatan mulai dari alat medis, obat-obatan dan kendaraan operasional juga disiapkan untuk lebih memaksimalkan pelayanan.

“Begitu ada pasien masuk langsung ditangani oleh tim medis kami,”ujarnya.

Dirinya mengharapkan kepada masyarakat setempat jika ada sanak keluarga yang merasa dan terindikasi terserang penyakit, agar segera membawa ke rumah pelayanan kesehatan atau menghubungi para petugas.

Bila masyarakat membutuhkan armada untuk dirujuk ke puskemas, maka akan langsung mendapatkan pertolongan pertama.

“Yang terpenting kami mengimbau kepada masyarakat agar selalu menjaga pola hidup sehat, mulai dari kebersihan lingkungan dan makanan agar dapat mencegah timbulnya virus dan bakteri yang dapat menyebabkan munculnya penyakit,” tukasnya.*(IS)

Lapoean: Jefri

Koran Indosultra Koran Indosultra