BMKG: Tiga Hari ke Depan, 8 Wilayah di Sultra Bakal Diterpa Cuaca Buruk

Indosultra.com, Kendari – Badan Meteorologi Klimatalogi dan Geofisika (BMKG ) mengeluarkan peringatan dini cuaca di wilayah Sulawesi Tenggara (Sultra). Ada delapan daerah yang akan diterpa cuaca buruk, hujan, petir dan angin kencang hingga tiga hari ke depan, 13-15 Maret 2021.

Prakirawan BMKG Kendari Rizka Erwin Lestari mengatakan, index SOI dan Nino menunjukkan nilai yang signifikan, yang mendukung pembentukan awan dan hujan di wilayah indonesia, termaksuk wilayah sultra.

Adapun delapan daerah yang berpotensi diterpa cuaca buruk tiga hari ke depan yaitu Konawe Utara (Konut), Konawe, Konawe Selatan (Konsel), Buton Utara (Butur), Kendari, Muna Barat (Mubar), Kolaka, dan Kolaka Utara (Kolut).

Rizka juga menambahkan bahwa anomali suhu muka laut di perairan sekitar wilayah Sultra yang dapat meningkatkan potensi penguapan karena massa udara lapisan rendah dan indeks labilitas kuat skala lokal terkonsentrasi di wilayah Sultra. sehingga faktor-faktor tersebut yang dapat meningkatkan potensi pembentukkan awan hujan,” terangnya.

“Karena anomali suhu muka laut di perairan sekitar wilayah Sultra yang dapat meningkatkan potensi penguapan (PMUA), massa udara lapisan rendah dan indeks labilitas kuat skala lokal terkonsentrasi di wilayah Sultra, sehingga faktor-faktot tersebut yang dapat meningkatkan potensi pembentukan hujan,” tambahnya.

Laporan : Ramadhan