Harmin Ramba Diambang Kontroversi, Dituduh Terlalu Politis oleh Pica Sultra, Projo Sultra Angkat Suara

Indosultra.Com, Konawe,- DPD Projo Sultra, yang merupakan pendukung setia Presiden Jokowi di Sulawesi Tenggara, menegaskan bahwa pernyataan yang diutarakan oleh Organisasi Persatuan Intelektual Cendekiawan dan Aktivis Sulawesi Tenggara (PICA SULTRA) terhadap Penjabat (Pj) Bupati Konawe di media daring terkesan tidak pantas dan bersifat bias, Minggu (24/03/2024).

Menurut pernyataan Jenderal PICA Sultra, Askal, yang dikutip oleh media daring, “Harmin Ramba diduga melakukan manuver politik untuk mencari dukungan di partai politik guna mempersiapkan dirinya sebagai Bupati untuk periode 2024-2029.” Saya menilai dengan kesibukan manuver pada partai politik yang dilakukan untuk mencari dukungan di ajang pilkada kedepan, Pj bupati Konawe berpotensi lalai dalam menjalankan tugas dan amanah yang dimaksud dalam pasal tersebut diatas dan justru terkesan mengedepankan kepentingan pribadi dibanding kepentingan publik,” ungkap Askal (KUTIPAN)

Namun, ketua Projo Sultra, Irvan Umar, menanggapi pernyataan tersebut dengan keras. Ia menyatakan bahwa pernyataan tersebut lebih terlihat sebagai upaya untuk mencemarkan nama baik Pj Bupati Konawe, tanpa mempertimbangkan prestasinya selama ini.

“Ia menggambarkan Pj Bupati Konawe sebagai sosok yang sibuk dengan urusan politik semata dan lalai dalam tugasnya adalah kesimpulan yang prematur, tendensius dan tidak sesuai dengan realitas di Konawe, yang saat ini tengah mengalami stabilitas pasca-Pemilu,” tegas Irvan.

Irvan menambahkan bahwa Harmin Ramba telah menunjukkan kemajuan yang signifikan dalam pelayanan publik dan pembangunan daerah selama menjabat sebagai Pj Bupati Konawe selama kurang lebih 5 bulan. Berbagai inisiatif telah dilakukan, seperti penyelesaian masalah ganti rugi lahan masyarakat di Routa oleh PT. SCM, menyelesaikan honor aparatur desa, P3K Guru dan Nakes, serta upaya dalam menangani stunting dan inflasi, menjadikan Konawe sebagai kota padi dan masih banyak capaian yang ia torehkan

Menurut Irvan, pernyataan yang dilontarkan oleh PICA SULTRA terlalu dangkal dan tendensius, serta tidak mencerminkan pemahaman yang utuh terhadap kondisi Konawe di bawah kepemimpinan Pj Bupati.

Lebih lanjut, Irvan menegaskan bahwa tuduhan terhadap Pj Bupati Konawe hanya bertujuan untuk mengganggu stabilitas dan kepercayaan publik terhadap pemerintahan. Ia mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersikap lebih bijak dalam menilai kinerja pemerintah dan memberikan dukungan kepada Pj Bupati Konawe dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Mari kita bersama-sama mendukung Pj Bupati Konawe dalam menjalankan program-programnya untuk kesejahteraan masyarakat Konawe,” pungkasnya.

Dengan demikian, Projo Sultra mendukung penuh Pj Bupati Konawe dalam menjalankan tugasnya demi kemajuan dan kesejahteraan Konawe yang lebih baik.(IS/B)

Laporan Asrianto Daranga.

Koran Indosultra Koran Indosultra