Konflik Sara, Ketua Lembaga Adat Wuna Imbau Masyarakat Jangan Terprovokasi

Konflik Sara, Ketua Lembaga Adat Wuna Imbau Masyarakat Jangan Terprovokasi
Ketua Lembaga Adat Wuna (LAW) La Ode Sirat Imbo

Indosultra.com, Kendari – Ketua Lembaga Adat Wuna (LAW) La Ode Sirat Imbo mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat khususnya suku Muna agar wajib menahan diri dan tidak terprovokasi isu yang beredar.

Hal itu disampaikan La Ode Sirat Imbo menyusul adanya kasus penghinaan suku Muna di beberapa unggahan video di media sosial berdurasi, 33 detik. beberapa waktu lalu.

La Ode Sirat Imbo menyampaikan untuk tetap menahan diri dan membiarkan pihak kepolisian yang bekerja menuntaskan kasus sara tersebut.

“Kita wajib menahan diri dan biarkan Kepolisian bekerja, inikan sudah ditangani Kepolisian. Sangat tidak bagus kalau pekerjaan Kepolisian ini dikacaukan oleh kita,” ujar La Ode Sirat Imbo, Senin, (12/6/2023) lalu.

Lebih lanjut dirinya berharap sekali lagi agar masyarakat tetap menahan diri dan tidak membuat kekisruhan. Tetap mempercayakan kasus ini ditangani pihak kepolisian.

“Ini permintaan kami dari lembaga adat yang merasa sangat terhina dengan adanya uraian di postingan tersebut,”pungkasnya.

Diketahui sebelumnya kasus sara itu berawal itu berawal dari dari adanya postingan yang beredar digrup facebook Ombonowula mengatakan bahwa masyakat Muna berasal dari budak. Sehingga menyulut pergerakan masa melakukan demonstrasi memprotes penghinaan suku Muna sejak Kamis 8 Juni, hingga puncaknya terjadi pada Senin 12 Juni 2023, dimulai di pertigaan Kampus Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, dan Mako Polda Sultra pada menuntut aparat kepolisian agar segera menangkap pelaku.

Laporan: Ramadhan

Koran Indosultra Koran Indosultra