Momen Sekda Koltim Lepas Karnaval Budaya, Perjalanan Penuh Warna Menyatukan Semangat Kebhinekaan

Indosultra.Com, Kolaka Timur – Desa Orawa menjadi saksi perjalanan menakjubkan Karnaval Budaya yang meriah dalam rangka perayaan HUT Ke-11 Kabupaten Kolaka Timur, Selasa (09/01/2024) Siang

Acara yang diambil start-nya dari Desa Orawa ini dilepas oleh Sekda Koltim, Andi Muh Iqbal Tongasa SSTP MSi, dan berakhir di Lokasi Pameran Belakang Rujab Bupati Koltim Desa Matabondu, diterima langsung oleh Bupati Kolaka Timur Abd Azis SH MH.

Pergelaran Karnaval Budaya ini tidak hanya sekadar hiburan visual, tetapi juga sebuah perwujudan semangat kebersamaan dan kebhinekaan masyarakat Kolaka Timur. Dengan beragam kostum kreatif dan atraksi seni yang memukau, peserta karnaval membawa nuansa kegembiraan kepada warga yang menyaksikannya sepanjang rute.

Pelepasan Karnaval Budaya dilakukan dengan khidmat oleh Sekda Koltim, Andi Muh Iqbal Tongasa, yang menandai dimulainya perjalanan penuh warna ini. Peserta karnaval, terdiri dari berbagai kelompok masyarakat, pelajar, dan komunitas seni, bersemangat mengikuti rute yang telah ditetapkan.

Rute karnaval membawa peserta melewati jalan-jalan utama Kabupaten Kolaka Timur, memperlihatkan keindahan dan keragaman budaya yang dimiliki oleh masyarakat setempat. Para peserta berkreasi dengan memperagakan tradisi, kostum adat, tarian, dan seni lainnya, menciptakan tampilan yang memukau sepanjang perjalanan.

Perhentian akhir di Lokasi Pameran Belakang Rujab Bupati Koltim Desa Matabondu menjadi puncak acara, di mana Bupati Kolaka Timur Abd Azis SH MH menyambut dengan penuh kehangatan. Beliau mengungkapkan rasa bangganya terhadap kreativitas dan semangat partisipatif masyarakat dalam menyemarakkan HUT ke-11 Kabupaten Kolaka Timur.

“Karnaval Budaya ini adalah perwujudan dari kekayaan budaya dan semangat gotong royong masyarakat Kolaka Timur. Saya sangat bersyukur melihat antusiasme dan kreativitas yang luar biasa dari peserta karnaval,” ujar Bupati Abd Azis.

Kemeriahan karnaval ini tidak hanya memberikan hiburan semata, tetapi juga menunjukkan betapa kuatnya ikatan sosial dan budaya di Kabupaten Kolaka Timur. Melalui setiap gerak, kostum, dan seni yang ditampilkan, masyarakat bersama-sama mengukir sejarah dalam memperingati HUT ke-11, memberikan semangat baru untuk memandang masa depan yang lebih gemilang.

Laporan Asrianto. Daranga

Koran Indosultra Koran Indosultra