Orientasi PK 2021 Sukses Dilaksanakan di Kecamatan Molawe

Ketgam: Tim DPPKB Konut bersama kader saat melakukan pendataan keluarga 2021 di Kecamatan Molawe.(Indosultra.Com)

Indosultra.Com, Konawe Utara-Program orientasi Pendataan Keluarga (PK) 2021 terus dilaksanakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Utara (Konut), melalui
Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Konut.

Program yang diluncurkan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) ini menjadi perhatian serius untuk menghasilkan data-data keluarga yang akurat, sehingga memberikan dampak positif bagi kemajuan program Keluarga Berencana (KB) kedepannya.

13 kecamatan, 170 desa dan kelurahan wilayah itu jadi target PK 2021 seperti yang berlangsung di Kecamatan Molawe. Ditempat itu, tim DPPKB Konut bersama para kader lapangan sukses laksanakan PK 2021.

“Alhamdulillah sampai saat ini seluruh jajaran Dinas PPKB bersama kader antuasias dalam melakukan pendataan keluarga. Dan untuk di Kecamatan Molawe sukses pelaksanaannya,
“kata Kepala Dinas DPPKB Konut, Kasim Pagala Melalui Kabid Pengendalian Penduduk, Amir, Jumat (9/4/2021).

Diterangkan, pendataan keluarga dilakukan untuk basis data sebagai dasar bagi pemerintah dalam pelaksanaan kebijakan peningkatan, dan pemerataan pembangunan, serta kesejahteraan keluarga.

“Ini merupakan program Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) pusat yang diteruskan ke provinsi kemudian ke kabupaten,”ucapnya.

Disampaikan, orientasi PK 2021 melibatkan langsung staf jajaran DPPKB Konut bersama dengan masyarakat yang juga sebagai kader lapangan yang berada di kelurahan dan desa-desa. Pendataannya berlangsung mulai bulan april hingga mei nanti.

Ditambahkan, dalam pelaksanaannya tim DPPKB bersama kader melakukan pendataan mulai tingkat kecamatan, turun di kelurahan selanjut ke desa-desa. Hasil pendataan, kemudian di kirim ke kabupaten selanjutnya di imput langsung ke BKKBN Provinsi.

“Jadi, tim DPPKB membagi kordinator di tiap-tiap kecamatan kemudian turun mendapingi kader lapangan lakukan pendataan. Kegiatan ini juga berhubungan langsung dengan program-program Keluarga Berencana (KB),”terangnya.

Sebelum PK 2021 berlangsung, pihak DPPKB telah lebih dulu memberikan pembekalan materi kepada para kader lapangan tentang proses pendataan melalui bimbingan teknis. Sehingga, pelaksanaannya benar-benar berjalan baik, terstruktur dan tepat sasaran.*(IS)

Laporan: Jefri Ipnu