Pengamanan Unjuk Rasa Polres Konut, Jaga Kondusifitas Ciptakan Rasa Nyaman Dan Tertib

Indosultra.Com, Konawe Utara-Personil Polres Konawe Utara melakukan pengawalan terhadap aksi dari Himpunan Pemuda Pelajar Mahasiswa Morombo diperempatan jalan Houling PT. KNN/EKU Desa Morombo Kecamatan Laskep, Rabu, (1/3/2023).

Kehadiran aparat keamanan dari Polres Konawe Utara untuk menjaga keamanan dan ketertiban pada mahasiswa dan masyarakat yang menyalurkan aspirasinya pada perusahaan.

Sekitar 50 an orang yang tergabung dalam aksi tersebut menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat yang dipimpin oleh penanggung jawab aksi, Wawan. Secara bergantian para pendemo menyalurkan aspirasi dan tuntutannya.

Adapun beberapa tuntutan mahasiswa dan masyarakat pada perusahaan diantaranya meminta dan mendesak PT. KNN/EKU untuk menyelesaikan tuntutan masyarakat Desa Morombo, menghentikan segala bentuk aktivitas pertambangan PT. KNN/EKU yang ada di Blok Morombo, dengan adanya aktivitas barging masyarakat terganggu dengan kebisingan kendaraan. Tuntutan lainnya tidak adanya kepedulian pihak perusahan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap masyarakat Block Morombo.

Sekitar pukul 11.30 wita, Polres Konawe Utara yang di pimpin oleh Kabag Ops Polres Konut AKP Sunari S.E., M.M tiba di lokasi aksi dan langsung melakukan mediasi terhadap massa aksi. Mediasi sempat alot,

Akhirnya, sekitar pukul 12.05 wita, Kabag Ops Polres Konawe Utara AKP Sunari S.E., M.M bersama personil menuju kantor PT. BNN/EKU untuk melakukan mediasi terhadap pihak perusahaan agar bersedia menemui dan menghadiri pertemuan di balai Desa Morombo.

Berselang beberapa menit kemudian, pihak perusahan dan masa aksi melakukan pertemuan yang di hadiri, Kabag Ops Polres Konawe Utara AKP Sunari S.E., M.M, KBO Reskrim Polres Konut IPTU Agustian Rante Parabang S.H, KBO Intelkam Polres Konut IPDA Adiyanto Azis, Camat Laskep, Hamrin S.Pd , perwakilan manejemen perusahaan, Haerul dan Tedy Permana.

Sementara dari unsur pemerintah desa dihadiri, Sekdes Morombo, Syasudin, Ketua BPD Desa Morombo, Renold Pangaribuan bersama 4 anggota, Tokoh Masyaraka, Badila yang juga mantan Kades Morombo serta Penanggung jawab aksi.

Pertemuan mediasi yang dilaksanakan dibalai desa setempat, disepakati beberapa poin yang menjadi tuntutan. Diantaranya pihak perusahaan akan mengajukan kepada pimpinan management terkait permintaan masyarakat perihal dana CSR sebesar Rp 100 juta, akan dilaksanakan pertemuan perihal permasalahan hari ini dengan melibatkan pihak-pihak terkait di tingkat kabupaten dengan jadwal minggu depan.

Poin kesepakatan lainnya, tidak boleh ada kegiatan pemalangan jalan maupun penghentian aktivitas perusahaan karena itu merupakan tindakan pidana, jadwal akan di sampaikan secara berjenjang baik dari perusahaan maupun pemerintah Desa/Kecamatan terkait jadwal pertemuan.

Pertemuan tersebut yang dimediasi oleh Polres Konut, pemerintah kecamatan dan desa berjalan aman, tertib dan kondusif.*(IS)

Laporan: Humas Polres Konut

Koran Indosultra Koran Indosultra