Pengerjaan Inner Ring Road Kendari Ditarget Mulai Tahun ini, Anggaran 203 Miliyar

Ilustrasi

Indosultra.Com, Kendari-Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) dalam hal ini Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir telah menyepakati kontrak kerjasama terkait perkejaan Inner Ring Road atau Jalur Lingkar Dalam dengan PT. Sarana Multi Infrastruktur (SMI).

Sulkarnain mengatakan, pembangunan jalur lingkar dalam dilakukan untuk mencegah potensi kemacetan dan mengantisipasi laju pertumbuhan Kota Kendari 20 – 30 tahun bahkan 50 tahun ke depan.

“Kami masih tunggu kesiapan mereka (PT. SMI). Doakan saja, mudah-mudahan semuanya lancar dan kita teken segera kerjasamanya,”kata Sulkarnain, saat ditemui di rumah jabatannya, Selasa (16/02/2021).

Pria bergelar magister ekonomi ini menyebutkan, pembangunan Inner Ring Road ini akan berhubungan dengan jalan utama. Lokasi pembangunannya berada di dua kecamatan yaitu Kecamatan Kambu akan menghubungkan Jalan Z.A Sugianto (Tapal Kuda/Samping RSUD Kendari) dan Jalan MT Haryono (Pertigaan Kampus UHO) serta kawasan Wua-wua akan menghubungkan Jalan MT. Haryono (Praja II) dengan Jalan Laode Hadi (Depan Taman Kali Kadia/Trans Studio).

Hadirnya dua ruas jalan baru ini kata dia, diharapkan bisa membelah arus lalulintas yang memulai macet di Kota Kendari.

“Nah inilah yang coba kita persembahkan untuk masyarakat kota, sebagai bentuk pelayanan kita kepada masyarakat,”ujarnya.

Untuk diketahui, Sebelumnya Pemkot dan PT. SMI akan meneken Kontrak Kerjasama (MoU). Diketahui proyek tersebut sebesar Rp203 milliar yang diharapkan dapat menjadi alternatif mencegah potensi kemacetan.*(IS)

Laporan: Dian Anggraeni