Pj Gubernur Ingatkan Pentingnya Toleransi di Pemilu 2024, Jangan Sampai Terjadi Konfik

Indosultra.Com,Kendari – Menjelang kesiapan Sulawesi Tenggara (Sultra) menyikapi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Pejabat (Pj) Gubernur Sultra, Andap Budhi Revianto menegaskan bahwa dalam cara padang konstitusional, Pemilu adalah jalan ke arah penyempurnaan demokrasi kita.

“Mengingatkan kepada kepada seluruh masyarakat, termasuk yang akan menggunakan hak pilih pada Pemilu 2024, dan juga Pilkada Serentak 2024 pentingnya toleransi dalam Pemilu. Jangan sampai pesta demokrasi nanti menjadi arena pertempuran politik, sehingga membahayakan keutuhan bangsa dan juga jangan sampai pesta demokrasi memusnahkan semangat toleransi,” ujarnya.

Lanjut Andap, tanpa toleransi demokrasi akan karam.Tanpa toleransi, pesta demokrasi hanya akan menjadi ancaman persatuan, kekuatan bangsa akan musnah, yang tertinggal hanya kebencian dan konflik sosial yang dapat mengarah pada perang saudara.

“Dibutuhkan kesadaran bersama untuk mengawal pesta demokrasi dapat berjalan secara aman, damai, dan kondusif,” katanya

Demokrasi sesungguhnya hanya alat untuk mencapai masyarakat yang adil dan makmur, dan Pemilu adalah alat untuk menyempurnakan demokrasi itu sendiri

“Tugas semua pihak, khususnya seluruh jajaran Pemprov Sultra untuk mendukung penuh kinerja Penyelenggara Pemilu, sehingga Pemilu dan Pilkada Serentak 2024 di Sultra benar-benar mampu menjadi alat untuk mewujudkan cita-cita proklamasi yang tertuang dalam amanah pembukaan konstitusi, UUD NRI Tahun 1945,”jelasnya.

Laporan: Krismawan