Polisi Akan Libatkan Masyarakat Dalam Memberantas Kriminal Jalanan

Polisi Akan Libatkan Masyarakat Dalam Memberantas Kriminal Jalanan
Kombes Pol Muh. Eka Fathurrahman

Indosultra.Com, Kendari – Kepolisian Resor (Polresta) Kendari bakal melibatkan masyarakat dalam memberantas kriminal jalanan di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Kapolresta Kendari, Kombes Pol Muh. Eka Fathurrahman mengatakan, mengingat saat ini kejahatan di Kota Kendari didominasi oleh pemuda dan dilakukan pada saat malam hari. Untuk itu pihaknya berupayah setiap malam patroli rutin dengan melibatkan Brimob dan Samapta Polda Sultra.

“Kami juga akan melakukan patroli gabungan besar dengan memprioritaskan tempat-tempat yang menjadi kerawanan di Kota Kendari,” ujar Kapolresta Kendari, Kombes Eka Fathurrahaman saat ditemui, Rabu (5/7/2023).

Lebih lanjut, mantan Dir Narkoba Polda Sultra ini menjelaskan, banyaknya keluhan dari warga ada pesta Minuman Keras (miras), terjadi pembusuran dan tindak kejahatan yang lain salah satunya di depan kampus Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari.

“Tentu ini menjadi evalusi kami dan diupayahkan untuk melibatkan masyarakat setempat karena mengingat keterbatan personel kami,” katanya.

Selain itu, pihaknya juga meminta dukungan kepada warga untuk sama-sama menjaga keamanan, bila ada permasalah segera laporkan secepatnya kepada pihak kepolisian untuk dilakukan tindakan.

“Kami meminta kepada masyarakat memberikan himbauan kepada anak-anak muda, karena yang menjadi pelaku kriminal saat ini adalah masih milenial,” jelasnya.

Ia menambahakan, adapun modus dan motif pelaku melakukan tindak kejahatan terkait keterbukaan penggunaan dunia digital.

“Kami akan melakukan kajian. Apa sebenarnya yang terjadi kepada anak-anak milenial ini diera globalisasi internet,” pungkasnya.

Laporan: Krismawan

Koran Indosultra Koran Indosultra