Raih WTP 4 Kali Berturut-Turut, Pemkab Konut Catat Rekor Pengelolaan Keuangan Terbaik

Ketgam: Bupati Konut, Ruksamin didampingi Ketua DPRD Konut, Ikbar saat menerima penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas LKPD Kabupaten Konawe Utara tahun anggaran 2020, di Kantor BPK. (Indosultra.Com)

Indosultra.Com, Konawe Utara-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Utara (Konut) Sulawesi Tenggara (Sultra), kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Berkaitan hal itu, Pemda Konut, dibawah kepemimpinan Bupati Ruksamin bersama wakilnya, Abu Haera telah berhasil meraih WTP sebanyak 4 kali berturut-turut sejak tahun anggaran 2017 hingga saat ini.

Prestasi yang diraih juga membuktikan sinergitas baik bersama pihak Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Konut dan membawa harum nama Bumi Oheo sebagai salah satu rekor terbaik dalam tata kelolah Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) di Sultra.

“Saya umumkan Pemerintah Kabupaten Konawe Utara untuk tahun 2020 kembali memperoleh Wajar Tanpa Pengecualian (WTP Red),”kata Kepala Perwakilan BPK Sultra, Andi Sonny usai lakukan penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas LKPD Kabupaten Konawe Utara tahun anggaran 2020, di Kantor BPK Perwakilan Sultra di Kendari Senin, (31/05 2021).

Andi Sony menyampaikan, penyerahan hasil pemeriksaan adalah kegiatan konstitusional yang diatur dalam undang-undang dan merupakan bagian tugas BPK. Pemeriksaan juga bertujuan untuk memberikan opini tentang kegiatan laporan keuangan, dan efektifitas pengendalian internal.

“Namun diharapkan meski mendapatkan WTP, Pemda harus terus meningkatkan kinerja keuangan, karena BPK akan terus memantau dan memonitoring, untuk itu tingkatkan akuntabilitas dan transparansi,”tegasnya.

Penyerahan LHK LKPD diterima langsung Bupati Konut, Ruksamin didampingi Wakilnya, Abuhaera, Ketua DPRD Konut, Ikbar, Kepala BPKAD Konut, Marthen Minggu, dan unsur Forkopimda Konut.

Diacara itu, Bupati Konut, Ruksamin mengucapkan terimaksih kepada pihak BPK RI Perwakilan Sultra atas penyerahan LHK LKPD tersebut. Sebagai pimpinan daerah dan mewakili masyarakat, dirinya menyambut gembira opini WTP dan menjadikan sebagai motivasi untuk terus meningkatkan pengelolaan dan pertanggung jawaban keuangan daerah.

“Ahamdulillah hari ini di Kantor BPK Sultra kita kembali memperoleh predikat WTP, Ini untuk yang empat kalinya kita meraih. Kita berikan untuk daerah dan masyarakat tercinta kita di Konawe Utara,”ucapnya sembari tersenyum manis.

Pria bergelar doktor ini mengatakan, sebagai pucuk pimpinan dirinya tak hanya mengurus soal roda pemerintahan saja, tapi juga daerah dan masyarakatnya. Terlebih, saat ini dirinya tengah berjuang melindungi masyarakat Konut banjir dan virus Covid-19.*(IS)

Laporan: Jefri Ipnu