TNI-Polri Buton Bersama Pemda Gelar Pertemuan Bersama Dua Kelurahan Kombeli Dan Takimpo

Indosultra.Com,Buton – Pemerintah Daerah, Kabupaten Buton bersama pihak TNI Polri melaksanakan silaturahmi Kamtibmas usai terjadinya konflik social antara warga Kelurahan Takimpo dengan Warga Kelurahan Kombeli. Konflik social tersebut terjadi beberapa minggu lalu.

Dalam silaturahmi tersebut mereka mereka mengangat tema “Partisipasi Aktif Masyarakat Dalam Pemulihan Konflik dan Penguatan Interaksi Antar Kelompok yang berkonflik” kegiatan tersebut mengundang perhatian khusus dari kedua Kelurahan.

Pj. Bupati Buton Drs. Basiran mengatakan, bahwa mulai dari tingkat Paud hingga ke tingkat SMA harus kita tanamkan mindset pola pikir anak dalam menyikapi sesuatu dalam kehidupan sehari-hari, tentunya kerja keras kita bersama dalam mendidik anak anak.

“Khususnya para orang tua harus terus mengawasi dan memberikan edukasi kepada anak anaknya agar setiap kebaikan harus tertanam dalam kepribadiannya” katanya.

Lanjutnya, untuk TNI Polri dan pemerintah daerah akan membantu dalam melakukan edukasi kepada anak anak kita, khususnya memberikan sosialisasi ke sekolah sekolah dalam memberikan pemahaman dalam bidang hukum maupun kehidupan bersosial.

Sementara itu Danramil Pasarwajo, Kapten Arm La Bondo menuturkan, bahwa ini adalah bukan Konflik namun tepatnya ini adalah perkelahian antar remaja, dirinya juga mengatakan hal ini berkaitan dengan miras.

“Kita belajar dari pengalaman dari sebelumnya bahwa miras adalah pemicu perpecahan, namun semua itu tidak terlepas dari tanggung jawab kita bersama” kata dia

Lanjut Danramil, dengan adanya tanggung jawab kita bersama mulai dari masyarakat sampai ke tingkat pemerintah daerah harus secepat menyikapi itu semua, dengan cara melaksanakan Deklarasi Damai agar permasalahan tersebut tidak berlarut.

“Setelah deklarasi dilaksanakan Alhamdullilah semua berjalan kondusif, namun jangan kita semua jangan lalai dengan situasi saat ini, harus tetap kita kontrol dan memberikan pemahamanan antar kedua belah pihak” pungkasnya.

Wakapolres Buton, Kompol Tiswan mengungkapkan, bahwa sampai saat ini pihaknya masih malakukan pengamanan di dua Kelurahan ini, yaitu Takimpo dan Kombeli.

“Anggota belum kami tarik, 1×24 jam anggota masih melakukan pengamanan, hal itu kami lakukan untuk menjaga keamanan dan ketertiban dari kedua kelurahan tersebut” katanya.

Harapan saya tolong jika ada warga yang bermasalah, agar yang lain tidak ikut campur dalam permasalahan tersebut.

“Siapa yang bermasalah itu yang harus kita amankan, supaya yang lain tidak ikut ikutan secara membabi buta, tanpa tau sebab dan musababnya” pungkasnya.

Kami juga dari Polres Buton akan menggelar Operasi Miras di Wilayah Buton, karna sumber pemicu dari perkelahian adalah miras.

“Mereka berani karna minum miras dulu baru membuat keributan, nanti pihak Polres akan melaksanakan Operasi Miras di Kel. Takimpo dan Kombeli, umunya di Wilayah Buton” bebernya.

Saya berharap semua masyarakat harus ikut menjaga Kamtibmas, bukan hanya dari pihak TNI POLRI dan Pemerintah namun semua pihak harus ikut berpartisipasi dalam menjaga Kamtibmas khususnya dari Masyarakat setempat.

Laporan: Krismawan

Koran Indosultra Koran Indosultra