1 Rumah Semi Permanen di Uepai Ludes Terbakar, Kerugian Ditaksir Rp 200 Juta

1 Rumah Semi Permanen di Uepai Ludes Terbakar, Kerugian Ditaksir Rp 200 Juta

Indosultra.com, Unaaha – Sebuah rumah semi permanen milik Wayan Warngo, warga di Desa Tanggodipo, Kecamatan Uepai, Kabupaten Konawe Sulawesi Tenggara (Sultra) rata dengan tanah setelah dilalap api pada Selasa (6/9/22) sekira pukul 23.00 Wita. Tak ada korban jiwa dalam kebakaran itu, pemilik rumah mengalami kerugian materi hingga ratusan juta rupiah.

Kapolsek Lambuya Iptu Asriady S.Sos mengungkapkan bahwa kebakaran ini terjadi akibat korsleting atau arus pendek listrik dari rumah lama, yang berada di samping rumah yang dijadikan tempat parkir motor atau gudang.

“Dugaan kita musibah ini terjadi karena arus pendek listrik dari rumah lama yang kini dijadikan gudang,” jelasnya dalam keterangan tertulisnya, Jum’at (9/9/22).

Dijelaskan, kebakaran itu berawal saat korban Nyoman Warnga sedang berada di dalam rumah dan menyadari bangunan di samping rumah yang berdinding papan sudah terbakar karena adanya hawa panas. “Mengetahui hal itu, pemilik rumah meminta bantuan kepada warga sekitar untuk memadamkan api,” katanya.

Sekitar pukul 23.15 warga membantu memadamkan api dengan menggunakan mesin Alkon manual, kemudian sekitar pukul 23.30 dua unit mobil pemadam kebakaran Konawe tiba di lokasi dan langsung memadamkan api.
“Mendapat laporan insiden ini, kami langsung menuju lokasi dan menghubungi pihak pemadaman kebakaran (Damkar) kabupaten Konawe. Alhamdullilah sekitar pukul 00.40 api dapat dipadamkan,” tandasnya.

Saat ini, korban kebakaran masih mengungsi di rumah kerabat dan berharap adanya uluran tangan dan bantuan dari pemerintah dan masyarakat yang dermawan. (b)

Laporan : Febri