2023, Pemda Konut Melalui Dinas Pendidikan Anggarkan 4,8 Miliar Lebih Beasiswa

2023, Pemda Konut Melalui Dinas Pendidikan Anggarkan 4,8 Miliar Lebih Beasiswa
PLT Kadis Pendidikan Konut saat menunjukkan APBD anggaran beasiswa mahasiswa Konut

Indosultra.Com, Konawe Utara-Pemerintah Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra), melalui Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan (Dikbud) Konut menganggarkan beasiswa pendidikan sebesar 4,8 miliyar lebih.

Hal itu diungkapkan PLT Kepala Dikbud Konut, Asmadin, S.Pd.,MM di ruang kerjanya, Jumat (30/3/2023).

Dikatakan Asmadin, beasiswa pendidikan diperuntukan kepada para mahasiswa-mahasiswi yang tengah menempuh bangku perkuliahan.

Dijelaskan, penerima beasiswa bervariasi sesuai dengan kualifikasi pendidikan yang ditempuh mulai sarjana strata satu (S1), magister (S2) dan S3.

2023, Pemda Konut Melalui Dinas Pendidikan Anggarkan 4,8 Miliar Lebih Beasiswa

“Untuk S3 beasiswa diberikan persemeaster senilai Rp 16,5 juta. Untuk S2 Rp 15 juta perorang per semester,”ungkapnya.

Lebih lanjut diuraikan, untuk mahasiswa yang menempuh pendidikan S1 tersebar di beberapa universitas baik dalam maupun luar daerah.

Seperti, di Universitas Lakidende Konawe sebanyak 60 orang dengan penerima beasiswa sebesar Rp 1,7 juta. Di Universitas Terbuka (UT) sebanyak 93 orang dengan penerima beasiswa Rp 1,8 juta perorang per semester.

“Selanjutnya, secara umum tersebar di beberapa universitas dengan total 2.300 orang itu bervariasi penerima beasiswa nya sesuai jarak tempat kuliah,”ujarnya.

“jadi kalau total keseluruhan beasiswa yang pemerintah anggarkan sebenar Rp 4,8 miliar 12 juta rupiah,”sambungnya.

Disampaikan, dana beasiswa langsung dikirim melalui rekening masing-masing mahasiswa.

Namun demikian, pihaknya memastikan penerima beasiswa tepat sasaran sebab dilakukan penyaringan sesuai syarat yang ditentukan.

Ruksamin

Seperti, berkordinasi ke pemerintah desa untuk mendata dan mengambil data yang aktif kuliah.

Memiliki kartu tanda penduduk (KTP) Konawe Utara. Kemudian memiliki kartu mahasiswa yang sah, Kartu Keluarga Kabupaten Konawe Utara.

Lanjut, keterangan aktif kuliah dari kampus dengan melampirkan juga apa foto copy, buku rekening BPD Bank Sultra.*(IS) (ADV)

Laporan: Jefri