Berisiko Cuaca Buruk, BMKG Imbau Masyarakat Pesisir Waspada

Berisiko Cuaca Buruk, BMKG Imbau Masyarakat Pesisir Waspada
Ilustrasi

Indosultra.com, Kendari – Badan Meteorologi Klimatalogi dan Geofisika Stasiun Meteorologi Maritim (BMKG) Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi yang berpotensi menghampiri beberapa bagian wilayah perairan Sultra dari 10 sampai 13 Februari 2022. Karena itu, masyarakat dihimbau untuk tetap waspada.

Prakirawan BMKG Kendari, Dewi Paramitha, melalui peringatan dini gelombang tinggi mengatakan pola angin umumnya dari Barat Laut – Timur Laut dengan kecepatan 2 – 20 Knot. Kecepatan angin tertinggi terpantau di Perairan Banggai, Teluk Tolo bagian Timur, Perairan Manui Kendari bagian Timur dan Laut Banda Timur Sulawesi Tenggara bagian (utara dan timur).

” Tinggi gelombang 1.25 – 2.5 Meter (Sedang) berpeluang terjadi di perairan Banggai Bagian Utara,” kata Dewi Paramitha, Kamis (10/2/2021) Siang.

Ia juga mengimbau agar masyarakat tetap memperhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran. Perahu Nelayan (Kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1.25 m), Kapal Tongkang (Kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1.5 m), Kapal Ferry (Kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2.5 m), Kapal Ukuran Besar seperti Kapal Kargo/Kapal Pesiar (Kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4.0 m).

“Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada,”pintanya. (b)

Laporan : Ramadhan

error: Hak cipta dilindungi undang-undang !!