Air Terjun Talisewu Koltim Raih Juara Tiga Kategori Surga Tersembunyi di API 2023

Kadis Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Koltim, Sulwan Sovian diacara API ke-8 Tahun 2023 di Maluku.

Indosultra.com, Kendari – Karena pesona kekayaan alam yang luar biasa dan belum terjamah. Air Terjun Talisewu yang terletak di Kecamatan Ueesi, Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) meraih juara tiga dengan kategori Surga Tersembunyi, di ajang tahunan apresiasi pariwisata terpopuler Indonesia yaitu Anugerah Pesona Indonesia (API) ke-8 Tahun 2023.

Momen bersejarah itu diterima langsung oleh Kepala Dinas (Kadis) Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Koltim, Sulwan Sovian yang dilaksanakan di Kota Ambon, Provinsi Maluku sebagai tuan rumah penyelenggra, pada Rabu (1/11/2023) malam.

”Alhamndulillah, pertama kali Kolaka Timur mengikuti ajang ini, dan langsung meraih prestasi. Semua ini, juga atas dukungan dan suport dari Pemda Kabupaten Kolaka Timur, Bapak Bupati, Ketua TP. PKK, Sekda Kolaka Timur, dan seluruh masyarakat Kabupaten Kolaka Timur, yang telah berpartisipasi dalam menunjang kepariwisataan dan pembangunan di Wonua Surume Morini Monapa ini,” dalam keterangan resminya via via WhatsApp.

Diketahui air terjun Talisewu tersebut memiliki panjang 20 Kilometer. Destinasi ini sungguh menawarkan keindahan alam yang mempesona.

Walaupun tidak terlalu tinggi, namun air terjun ini memiliki keunikan tersendiri karena air terjun tersebut melewati bebatuan alam yang tersusun seperti tangga, serta dikelilingi rimbunnya alam nan hijau.

Untuk sampai ke lokasi pengunjung harus menempuh perjalanan darat selama 4 jam dari pusat kota Koltim dan 2 jam setengah dari Kecamatan Mowewe.

Laporan : Ramadhan

Koran indosultra
error: Hak cipta dilindungi undang-undang !!