Bersama Ketua DPRD, Wabup Konut Resmi Buka STQ Ke Vlll Dan Festival Lasqi Skala Besar, Ini Perlombaannya

Wakil Bupati Konut dan Ketua DPRD Konut saat membuka acara STQ ke Vlll Dan Festival LASQI ke V
Indosultra.Com, Konawe Utara-Wakil Bupati Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra), Abu Haera bersama Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Konut, Ikbar secara bersama-sama dengan resmi membuka Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) ke Vlll tingkat Kabupaten Konut, dan Festival Lembaga Seni Qasidah (LASQI) Skla besar ke V tingkat Kabupaten Konut 2023.
Acara bertajuk islami itu dipusatkan di Desa Wawoluri, Kecamatan Motui mulai tanggal 15 sampai dengan tanggal 19 Februari 2023. Tempat pelaksanaan lomba, arena tribun utama Desa Wawoluri, Kecamatan Motui, Masjid Al-Ikhlas Desa Wawoluri, dan Masjid Fastabiqul Khairat. biaya pelaksanaan bersumber dari APBD Pemda Konut tahun anggaran 2023 dan sumbangan kaum muslimin.
Mewakili Sambutan Bupati Konut, Ruksamin, Wakil Bupati Konut, Abu Haera mengatakan, pelaksanaan STQ dan LASQI adalah salah satu agenda penting yang bertujuan untuk memilih yang terbaik dari berbagai cabang seleksi Tilawatil Quran dan seni qasidah, yang akan mewakili Kabupaten Konut di ajang seleksi Tlawatil Quran Hadis (STQH) dan Festival LASQI berskala besar tingkat Provinsi Sultra Tahun 2023.
“Kegiatan ini juga, sekaligus sebagai syiar Islam yang diharapkan dapat memberi manfaat dan sinergi dalam upaya mewujudkan peningkatan kualitas iman dan taqwa kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala,”kata Abu Haera diacara itu.
Ditempat itu, Ketua DPRD Konut, Ikbar juga mengungkapkan, STQ dan LASQI merupakan program yang harus terus ditingkatkan untuk membentuk karakter generasi penerus bangsa yang ber akhlak baik, beriman dan bertaqwa.
Dikatakan Ikbar, pengembangan kualitas para generasi dibidang keagamaan, juga menjadi perhatian serius secara bersama-sama antara pemerintah dan DPRD untuk ditingkatkan, dan menumbuh kembangkan bakat yang dimiliki agar lebih berkualitas. Selain itu, memberikan jaminan kesejateraan.
Tema kegiatan yakni, meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM)  yang unggul dan Qurani. Serta mejadikan festival seni kasidah sebagai media syiar Islam menuju Konawe Utara yang sejahtera dan berdaya saing.
Dalam seleksi tilawatil Quran hadits ke-Vlll dan LASQI berskala besar ke V 2023 ini akan memperlombakan beberapa cabang lomba sebagai berikut:
A. Tilawatil Quran terdiri dari:
1. Golongan anak-anak putra dan putri 2. Golongan dewasa putra dan putri.
B. Hafiz Quran terdiri dari:
1. Golongan 1 juz dan Tilawah putra dan putri.
2. Golongan 5 juz dan Tilawah tilawah Putri dan Putra .
3. Golongan 10 juz putra dan putri.
4. Golongan 20 juz putra dan putri.
5. Golongan 30 juz putra dan putri.
C. Tafsir Alquran terdiri dari:
1. Golongan bahasa arab putra dan putri.
D. Musabaqah hadis nabi terdiri dari:
A. Golongan hafalan 100 hadits dan sanad putra dan putri.
B. Kolongan hafalan 500 hadits tanpa sanad putra dan putri.
E. Bintang Aokalis:
1. Golongan anak-anak putra dan putri 2. Golongan remaja putra dan putri.
3. Titik golongan dewasa putra dan putri.
F. Qasidah klasik:
1. Golongan remaja putra dan putri.
2. Golongan Dewa Saputra dan Putri.
G. Tilawatil Quran yang diikuti oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Camat se- Kabupaten konut.
Acara tersebut berlangsung sesuai surat keputusan bersama menteri agama dan Menteri Dalam Negeri Nomor 15 Tahun 1977 dan nomor 151 tahun 1977 tentang pembentukan lembaga Tilawatil Quran (LPTQ), keputusan bersama Menteri Agama RI, dan Menteri Dalam Negeri Nomor 44 tahun 1982 tentang usaha peningkatan baca tulis huruf Alquran bagi umat Islam dalam rangka peningkatan Penghayatan dan pengalaman Alquran dalam kehidupan sehari-hari.
Serta Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 240 tahun 1989 tentang susunan organisasi dan tata cara kerja Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran surat keputusan bupati Konawe Utara Nomor 66 tahun 2023 tanggal 16 Januari 2021 tentang pembentukan panitia dan pengangkatan dewan Hakim seleksi tilawatil quran hadits stqh dan surat keputusan Bupati Nomor 65 festival lomba seni Qasidah Indonesia laki berskala besar kelima tingkat Kabupaten Konawe Utara .
Mewakili Bupati Konut, Ruksamin, Wakil Bupati Konut, Abu Haera hadir langsung diacara itu bersama Ketua DPRD Konut, Ikbar, Sekda Konut, Kasim Pagala. Selain itu, Kepala Biro Administrasi Kesra dan Kemasyarakatan Setda Provinsi Sultra, Forkopimda, Asisten dan Staf Ahli Setda Konut, ketua BKMT Kabupaten Konut, ketua Lasqi Kabupaten Konut, SKPD, Kantor Badan dan bagian, Kantor Kementerian Agama, Camat, Dewan Hakim, Tokoh Agama, Masyarakat, Tokoh Adat, para khalifah, peserta STQ ke Vlll dan Festival Seni Qasidah Indonesia berskala besar kelima.**(IS) (ADV)
Laporan: Jefri
Koran Indosultra Koran Indosultra