Bersama Wabup, Ketua DPRD Dan Kapolres, Bupati Konut Pimpin Penanaman Jagung, Gerakan Meningkatkan Produksi Pangan

Indosultra.Com, Konawe Utara Bupati Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra), Ruksamin kembali mengambil langkah proaktif untuk meningkatkan produksi pangan di sektor pertanian wilayahnya.

Pada Selasa, tanggal 6 Februari 2024, Bupati Konut, Ruksamin bersama Wakil Bupati Konut, Abu Haera, Kapolres Konut, AKBP Priyo Utomo, memimpin secara langsung penanaman komoditi jagung seluas 30 hektar di Desa Wawoheo, Kecamatan Wiwirano.

Penanaman jagung ini bukan hanya sekadar aktivitas rutin, tetapi juga menjadi bagian dari program kerja Unit Reaksi Cepat Penghapusan Kemiskinan Ekstrem, Pengendalian Inflasi, dan Penurunan Angka Stunting (URC – KISS) yang digagas oleh bupati.

Dalam sambutannya, Bupati Konut Ruksamin, tidak lupa memberikan apresiasi kepada Kepala Desa Wawoheo dan masyarakat setempat yang telah memberikan dukungan penuh terhadap program Pemerintah Daerah.

Beliau menekankan pentingnya penanaman jagung sebagai langkah strategis untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

Lebih dari itu, Mantan Ketua DPRD Konut ini juga mengumumkan keberadaan investor yang siap membeli hasil panen jagung, memicu semangat untuk meningkatkan produksi.

Dengan semangat yang menggelora, Ruksamin berbagi kisah sukses beberapa masyarakat yang telah berhasil dalam menanam jagung, memotivasi yang lain untuk ikut serta dalam perubahan ini.

Untuk mendukung keberhasilan penanaman jagung, beliau juga menyerahkan bantuan berupa pupuk cair organik, bibit, dan alat tanam jagung kepada petani di Desa Wawoheo.

Pria yang juga menjabat Koordinator MW KAHMI Sultra ini mengungkapkan, dengan bantuan pupuk, hasil panen jagung meningkat drastis dari 4.1 ton per hektar menjadi 6.1 ton per hektar.

Tak berhenti di situ, Ruksamin berkomitmen untuk menjaga fokus masyarakat dalam menanam jagung dengan menyiapkan paket sembako tiap bulan bagi setiap petani yang turut serta dalam program ini.

Bahkan, untuk memastikan akses yang lancar bagi para petani, Bupati Konut 2 periode ini menyampaikan, rencana pembangunan jembatan di lokasi penanaman jagung, sebagai wujud nyata dukungan pemerintah terhadap sektor pertanian.

Acara penanaman jagung ini juga dihadiri dari Forkopimda Konut lainnya, serta sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Camat Wiwirano.

Keberadaan mereka tidak hanya sebagai penonton, tetapi sebagai mitra dalam mewujudkan transformasi ekonomi melalui pertanian yang berkelanjutan.**(IS) (Dok/Prokopi)

Laporan: Jeftri

Koran Indosultra Koran Indosultra