BI Sultra Siapkan 1,9 Triliun, Jelang Ramadhan Dan Idul Fitri 2024

Indosultra.Com, Kendari — Memasuki bulan Ramadan dan Idulfitri 2024, Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan (KPw) Sulawesi Tenggara (Sultra) telah menyiapkan Rp1,9 triliun uang layak edar, untuk memenuhi kebutuhan uang tunai masyarakat.

Kepala BI KPw Sultra, Doni Septadijaya melalui keterangan resminya menuturkan, jumlah tersebut jauh melebihi proyeksi kebutuhan perbankan Sultra yang mencapai Rp1,5 triliun. Dengan melebihi dengan melebihi nilai proyeksi tersebut, dapat dipastikan kebutuhan uang layak edar di masyarakat akan tercukupi.

Untuk jadwal penukaran, jelas Doni, dapat dilakukan di Kantor BI KPw Sultra, pada hari Selasa dan Kamis dari pukul 08.00 WITA hingga 12.00 WITA.

Masyarakat juga dimudahkan dengan adanya aplikasi PINTAR atau website pintar.bi.go.id, sehingga proses penukaran uang tunai dapat lebih cepat dan efisien.

“BI Sultra akan bersinergi dengan 24 perbankan daerah dalam pelayanan penukaran bersama di pusat keramaian Kota Kendari, serta 90 titik layanan penukaran yang tersebar di seluruh wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara pada 25 Maret sampai dengan 4 April 2024,” ujar Doni, Kamis (29/2/2024).

Uang layak edar yang dapat ditukarkan mulai dari pecahan Rp1.000—Rp100.000, dengan total nilai penukaran sebesar Rp5.300.000 untuk keseluruhan pecahan. Jumlah tersebut meningkat dari tahun sebelumnya, yakni Rp3.700.000.

“Melalui ketersediaan uang layak edar ini, masyarakat Sultra diharapkan dapat betransaksi dengan aman dan nyaman. Terlebih dengan tersedianya sistem pembayaran digital, utamanya QRIS dan BI-FAST yang kian memudahkan berbagai jenis transaksi,” tutupnya.

Laporan: Krismawan

Koran Indosultra Koran Indosultra