BMKG Sultra Keluarkan Peringatan Dini, Waspada Hujan Lebat, Angin Kencang Disertai Petir

Indosultra.Com, Kendari – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Maritim (Stamar) Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) kembali mengeluarkan peringatan dini cuaca buruk hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dan angin kencang disertai petir untuk beberapa wilayah di Sulltra hari ini tanggal 08 hingga 14 Januari 2024.

Prakirawan BMKG Sultra, Zumiana mengatakan hal itu disebabkan akibat adanya perlambatan kecepatan angin (shearline) di wilayah Sultra.

“Suhu muka laut di Perairan sekitar wilayah Sulawesi Tenggara cukup hangat yang dapat meningkatkan penguapan(penambahan massa uap air),”jelas Zumiana dalam keterangan resmi yang diterima, Senin (8/1/2024).

Lebih lanjut Zumiana menerangkan penyebab lain juga karena massa udara basah lapisan rendah dan indeks pembentukan awan-awan konvektif cukup tinggi terkonsentrasi di wilayah Sultra.

“Faktor-faktor tersebut yang dapat meningkatkan potensi pembentukan awan hujan yang disertai guntur di wilayah Sulawesi Tenggara, “ungkapnya.

Ia menyebutkan beberapa wilayah di Sultra akan terkena dampak cuaca buruk tersebut. Seperti Wilayah Konawe Selatan, Buton, dan Buton Tengah.

” Kolaka, Muna, Muna Barat, dan Wakatobi,”tutupnya.

Laporan: Ramadhan.

Koran indosultraKoran indosultra
error: Hak cipta dilindungi undang-undang !!