Bupati Abdul Azis Launching Minimarket Kosara Fresh, Dorong UMKM dan Perekonomian Lokal di Kolaka Timur

IndoSultra. Com, Kolaka Timur || Bupati Kolaka Timur, Abdul Azis, SH., MH, memimpin upaya pengembangan ekonomi lokal dengan meresmikan Minimarket Kosara Fresh di Desa Orawa, Kecamatan Tirawuta, Sulawesi Tenggara pada Rabu (07/02/2024).

Langkah inovatif ini bertujuan untuk mendukung produk-produk UMKM lokal, terutama yang berasal dari sektor pertanian, perkebunan, peternakan, dan pangan olahan.

Luncuran Minimarket Kosara Fresh ditandai dengan pengguntingan pita yang dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Ketua UMKM Koltim, Hasrul, para asisten, staf ahli, pimpinan OPD, kabag, dan masyarakat setempat.

Grand opening ini diharapkan dapat memberikan dorongan positif terhadap perekonomian lokal Kolaka Timur, menyediakan produk-produk segar dan berkualitas untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Minimarket Kosara Fresh menyajikan beragam produk segar, meliputi buah-buahan, sayuran, produk olahan, hingga kebutuhan sehari-hari lainnya. Bupati Azis memberikan dukungan penuh terhadap inisiatif ini,

“Minimarket Kosara Fresh ini harus kita dukung. Pemerintah daerah tidak pernah diam untuk kepentingan masyarakat dalam bidang apapun, termasuk sosial ekonomi dan budaya.”Ucap Azis

Dengan kehadiran Minimarket Kosara Fresh, Bupati Azis berharap masyarakat Kolaka Timur dapat dengan mudah mengakses berbagai produk sehari-hari, sambil membuka peluang usaha baru bagi UMKM lokal.

“Dengan Kosara Fresh, diharapkan dapat memberikan nilai tambah dan menjadi salah satu destinasi belanja favorit masyarakat Kolaka Timur,” ujar Bupati.

Bupati Azis juga menyoroti pentingnya peran minimarket ini dalam memperkuat infrastruktur ekonomi lokal dan memberikan manfaat positif bagi masyarakat.

Dalam pandangannya, kesuksesan yang besar dimulai dari dukungan dan perkembangan yang baik dari yang kecil. Namun, Bupati mengingatkan untuk tidak mengabaikan usaha kecil ketika usaha besar sudah tercapai.

Melalui wawancara Media IndoSultra bersama Hasrul, Direktur Utama Kosara Fresh, yang juga sebagai ketua UMKM mengatakan bahwa grand opening Minimarket Kosara Fresh menjadi tonggak sejarah, Hasrul menyampaikan terima kasih atas dukungan Bupati Azis yang konsisten mendukung forum UMKM Kolaka Timur dan koperasi Kosara.

Kosara Fresh menjadi wadah untuk memasarkan produk segar hasil pertanian, perkebunan, perikanan, dan pangan olahan dari para petani, berkebun, dan UMKM lokal. Strategi yang diterapkan fokus pada peningkatan nilai tambah produk untuk memberikan manfaat lebih besar kepada konsumen.

Hasrul menekankan agar lebih banyak petani dan pelaku UMKM dapat bergabung dengan Kosara Rakyat Fresh, meningkatkan jangkauan pasar dan nilai tambah produk lokal, upaya meningkatkan kualitas produk, baik secara persotir maupun kualitas pengemasan, juga menjadi perhatian utama Kosara Fresh.

Selain itu, Kosara Fresh telah memanfaatkan pemasaran digital melalui Instagram (@kosarafresh), website resmi (kosara.co.id), dan Facebook, sebagai upaya untuk mencapai lebih banyak konsumen.

Selain sebagai tempat belanja, Kosara Fresh juga mengemban misi edukasi tentang konsumsi buah segar dan sayuran, mengajak masyarakat untuk memahami manfaat dan jumlah yang sebaiknya dikonsumsi.

Kosara Fresh menjadi jenis minimarket pertama di Sulawesi Tenggara yang menitikberatkan pada produk lokal. Minimarket jenis ini menjadi pionir di Sulawesi Tenggara, mengusung semangat merintis dan menggelorakan UMKM lokal. Dengan lebih dari 50 UMKM yang telah bergabung

Ketua UMKM berharap lebih banyak UMKM petani dan produsen lokal bergabung dengan koperasi, dengan harapan pemerintah daerah terus memberikan dukungan untuk pertumbuhan dan kemajuan mereka, menjadikan Kolaka Timur sebagai pusat ekonomi yang kuat dan masyarakat yang sejahtera.

Laporan Asrianto. Daranga

Koran Indosultra Koran Indosultra