Dari Lokal Untuk Dunia, Inul Daratista Bak Berbie Kenakan Tenun Konasara Konawe Utara

Ketgam: Inul Daratista saat pamerkan Kain Tenun Konasara asal Konawe Utara yang telah disain menjadi baju modern berkelas di acara LIDA Indosiar.

Indosultra.Com, Konawe Utara-Siapa yang tak kenal dengan artis dangdut papan atas, Inul Daratista. Penyanyi dangdut ini, sering tampil di siaran pertelvisian dengan performa menarik dan kostum yang modern, bahkan tentu harga fantastis.

Tampilan kali ini, ada yang bikin menarik dari penyanyi berparas wajah cantik tersebut saat live diacara Liga Dangdut (LIDA) Indosiar. Inul sapaan akrabnya, terlihat mengenakan konstum modern yang membuatnya semakin cantik, anggun dan menawan hingga membuat performancenya bak boneka berbie.

Siapa sangka, bahan dasar pakaian yang dikenakan adalah Kain Tenun Konasara asal Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra), yang kini telah mendunia meski dari daerah lokal yang kecil di ujung Utara, Sultra.

Hasil karya masyarakat lokat tersebut, berhasil dilestarikan dan dikembangkan Pemerintah Daerah (Pemda) Konut yang dipimpin oleh Bupati Ruksamin.

Didesain modern ala impor dengan paduan corak warna merah, kuning, biru dan hitam, Inul terus memamerkan kain tenun tersebut dengan tampilan-tampilan selfie. Bahkan, diabadikan dengan mengunggah di akun media sosial (medsos) Instagram (IG) miliknya.

“Tenun Konasara, kain tenun dari Konawe Utara. Designer best defrico_audi mari kita cintai hasil karya anak bangsa, kita bantu UMKM dan kehebatan ibu-ibu daerah yang kreativ berkarya untuk negeri. Matur nuwun bapak H.Ruksamin sebagai Bupati Konawe Utara beserta ibu. Sehat selalu nggih,”tulis Inul Daratista 1 jam yang lalu di akun IG pribadinya sembari mencantumkan emoji tanda terimakasih, love dan kiss sayang saat live di acara LIDA Indonsiar, Minggu (15/8/2021).

Postingan Inul Daratista yang memiliki pertemanan 14,8 juta di IG itu mendapat banyak komentar pujian dari warga net, dan 3.055 like yang mengagumi kencantikannya, serta keindahan desain kain tenun Konasara yang dipakai.

“Cantik banget,”tulis Linda Zadila dikolom komentar IG Inul Daratista.

“Cantik banget bunda Inul,”IG r.titinsetya.

“Cantik banget bunda ratu,”balas Salim salam 22 dikolom komentar.

 

Dihubungi terpisah, Bupati Konut, Ruksamin mengucapkan rasa syukur dan bangga dengan karya masyarakat lokal Konut yang akhirnya bisa tembus diskala nasional, bahkan dipamerkan oleh pablik figur terkenal dan papan atas ke dunia melalui medsos.

“Terimakasih Indosiar, terimakasih Ibu Inul Daratista, serta Desainer Defrico Audi atas berkenannya memakai dan memperkenalkan Kain Tenun Konasara Konawe Utara di Acara LIDA Liga Dangdut Indosiar, sukses dan sehat selalu,”ungkap Ruksamin melalui via telefon.

Pria bergelar doktor ini menyampaikan, upaya tersebut patut disyukuri, karena dapat membuktikan bahwa kerja keras tidak akan membohongi untuk memperoleh hasil yang baik. Terlebih dimasa pandemi covid-19 saat ini, dimana pemerintah terus memulihkan dan menumbuh kembangkan ekonomi masyarakat.

“Pelan, tapi pasti. Setelah kita luncurkan mulai kita promosi. Dan ini salah satu cara Pemda Konut untuk membantu, dan bekerjasama dengan UMKM agar tetap tumbuh dan berkembang dimasa Pandemi Covid 19 ini. Bangga pakai produk Indonesia dari lokal untuk dunia,”tutupnya.***(IS)

Laporan:Redaksi