Di Konut Bupatinya Beri Kemudahan Masyarakat Pulang Kampung Lebaran

Bupati Konut,Ruksamin

Indosultra.Com, Konawe Utara-
Tak sedikit masyarakat yang sedih dan kecewa dengan adanya himbauan pembatasan mudik lintas provinsi dan kabupaten jelang hari raya idul fitri.

Sebab, dimomen-momen lebaran seperti itu, merupakan hari yang spesial tiap orang untuk berkumpul bersama sanak keluarganya, saling bersilaturahmi dan maaf memaafkan.

Hal tersebut, ditanggapi Bupati Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra), Ruksamin. Orang nomor satu di Bumi Oheo ini, tidak mau mempersulit masyarakatnya yang mau pulang kampung untuk lebaran.

Baik itu warga Konut yang berada di luar daerah, maupun warga Konut yang mau keluar daerah bisa pulang kampung dengan ketentuan sebatas wilayah Provinsi Sultra dan mengikuti pemeriksaan covid-19. Di Konut, kasus covid-19 tercatat tinggal 1 kasus.

“Yang penting masih berada diwilayah Sulawesi Tenggara kenapa kita mau persulit. Akan tetapi, tegas aturan protokol kesehatan covid-19 tetap dilaksanakan. Kita berupaya membantu masyarakat dengan tetap menjalankan prosedur covid-19″kata Ruksamin dikomfirmasi, Kamis (6/5/2021).

Baca Juga: Bupati Konut Pimpin Apel Siaga Operasi Ketupat, Ini Penegasannya

Pria bergelar doktor ini mengatakan, dipintu-pintu masuk Konut lintas kabupaten seperti, Kabupaten Konawe, Kota Kendari dan Morowali telah disiagakan aparat gabungan termasuk tim medis covid-19.

Dipos penjagaan itu juga, telah disiapkan alat tes pendeteksi virus covid-19 seperti, Polymerase Chain Reaction (PCR), rapit tes, dan swab bagi masyarakat yang akan masuk dan keluar wilayah Konut. Namun, bagi yang telah melaksanakan vaksinasi covid-19 hingga tahap ll dan memiliki sertifikat tidak dilakukan tes lagi.

“Kalau tes pemeriksaan ditemukan warga luar yang positif covid langsung disuruh pulang kembali. Kalau warga Konut yang positif langsung diatasi, salah satunya isolasi mandiri,”ujarnya.

Baca Juga: Surat Edaran Gubernur, Warga yang Mudik Wajib Kantongi SIKM

Bupati 2 periode ini mengungkapkan pengamanan akan terus berlangsung mulai hari ini, Kamis tanggal 6 mei sampai tanggal 17 mei 2021.**(IS).

Laporan: Jefri Ipnu