Dinas Perpustakaan Konut Maksimalkan Literasi Minat Baca Melalui Perpustakaan Keliling, Kecamatan, Kelurahan, Desa, Dan Sekolah

Kadis Perpustakaan Konut, Djunaedi, S.Pd.,M.Si

Indosultra.Com, Konawe Utara – Program literasi minat baca masyarakat terus digenjot Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Konawe Utara (Konut) Sulawesi Tenggara (Sultra).

Aksi perpustakaan keliling, menjadi salah satu program Dinas Perpustakaan Konut mendorong pengembangan program literasi minat baca masyarakat.

Dipimpin langsung oleh, Kepala Dinas Perpustakaan Konut, Djunaedi, perpustakaan keliling terus dilaksanakan secara bertahap diseluruh wilayah, mulai dari sekolah-sekolah sampai di tempat-tempat umum lainnya.

Program perpustakaan keliling, dilakukan dengan menggunakan kendaraan mobil perpustakaan yang telah dilengkapi berbagai macam buku. Peruntukkannya kepada masyarakat umum maupun para pelajar.

“Sejak Tahun 2023 sudah mulai kita laksanakan, dan di Tahun 2024 ini kita maksimalkan lagi. Dengan melibatkan tim dari Dinas Perpustakaan Konut,”ungkapnya dikonfirmasi di ruang kerjanya, Kamis 25 Januari 2024.

Tidak hanya mengoperasikan mobil perpustakaan keliling, Dinas Perpustakaan Konut juga mengembangkan sayap kegiatan dengan membentuk perpustakaan di kecamatan-kecamatan, kelurahan, desa-desa sampaikan sekolah-sekolah.

Program ini, Dinas Perpustakaan Konut membangun koordinasi dan kerjasama dengan pemerintah Kecamatan, Kelurahan, serta desa, juga sekolah dengan meminjamkan buku yang diminati masyarakat atau pelajar.

“Program ini ada batas waktunya. Kalau waktunya sudah habis, bukunya di kembalikan dan kemudian melakukan lagi permintaan untuk mengambil buku-buku baru,”ungkap Djunaedi.

Sedangkan pengelolaannya, Djunaedi mengatakan, dikelolah oleh masing-masing mitra kerja mulai dari fasilitas tempat, sampai data-data pinjaman buku.

“Kita pakai kontrak kerjasama. Setelah ada kontraknya, baru buku-bukunya kita dropkan sesuai permintaan,”jelasnya.

Diamenambahkan, program literasi baca terus dimaksimalkan untuk mendorong lebih maju kualitas ilmu pengetahuan masyarakat, serta lebih menyukai budaya membaca. Hal itu sebagaimana pada Visi-misi Bupati dan Wakil Bupati Konut, Ruksamin – Abu Haera mendorong kualitas Sumber Daya Manusia lebih baik dan berdaya saing.****(IS) (ADV)

Laporan; Jefri

Koran Indosultra Koran Indosultra