SIPD-RI Berbasis Microservices, Langkah Progresif Koltim Menuju Era Digitalisasi Keuangan Daerah

Indosultra.Com, Kendari, 26 Januari 2024 – Kabupaten Kolaka Timur meraih tonggak penting dalam penguatan tata kelola keuangan daerah melalui acara Bimbingan Teknis Optimalisasi Pengelolaan Kas Daerah Berbasis Elektronik, yang digelar pada 26-27 Januari 2024.

Inisiatif ini diselenggarakan oleh Pemda Koltim Melalui Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah, Aspian Suute S.Kom, dengan fokus pada penerapan Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Daerah Republik Indonesia (SIPD-RI) berbasis microservices dan implementasi penggunaan kartu kredit pemerintah.

Acara dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Koltim, Andi Muh Iqbal Tongasa SSTP MSi, yang mewakili Bupati Koltim.

Dalam sambutannya, Sekda Iqbal Tongasa menegaskan komitmen Pemda Koltim untuk meningkatkan efektivitas tata kelola keuangan daerah dengan memanfaatkan teknologi. Penerapan SIPD-RI dan penggunaan kartu kredit pemerintah diharapkan dapat mempercepat akselerasi dalam mengoptimalkan pengelolaan kas daerah berbasis elektronik.

Keberhasilan acara ini menjadi langkah progresif Pemda Koltim dalam menghadapi era digitalisasi, di mana teknologi menjadi kunci utama dalam meningkatkan efisiensi dan transparansi pengelolaan keuangan. Integrasi SIPD-RI berbasis microservices diharapkan dapat memberikan solusi cerdas dalam penatausahaan keuangan daerah, mempercepat proses, dan mengurangi potensi kesalahan.

Partisipasi aktif peserta dari Pemerintah Kabupaten Kolaka Timur dalam memahami dan mengadopsi teknologi ini menjadi titik terang, menandai komitmen bersama untuk mewujudkan tata kelola keuangan daerah yang baik.

Diharapkan, penerapan teknologi ini dapat menciptakan terobosan signifikan dalam efisiensi, akurasi, dan akuntabilitas pengelolaan kas daerah, memberikan dampak positif bagi pelayanan publik dan pembangunan daerah. Pemda Koltim semakin menunjukkan bahwa transformasi digital bukan hanya wacana, melainkan realitas yang dijalankan dengan tekad dan tanggung jawab yang tinggi.

Laporan : Asrianto. Daranga

Koran Indosultra Koran Indosultra