Festival Konasara, Paguyuban Suku Se-Sultra Serukan Doa Untuk Ruksamin Jadi Gubernur Sultra

Indosultra.Com, Konawe Utara – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra), menggelar acara Festival Konasara dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Konut ke 17.

Salah satu rangkaian acara Festival Konasara, yakni pegelaran festival budaya yang di ikuti keluarga besar paguyuban dari berbagai suku-suku yang ada di Sultra.

Berbagai paguyuban dari 34 suku hadir di Bumi Oheo memeriahkan acara festival konasara dalam rangka menyambut HUT Konut ke 17.

Tiap paguyuban, membawa dan menampilkan ciri khas adat budayanya. Serta, mengenakan berbagai model kostum yang menggambarkan cri khas budaya masing-masing.

Dilokasi acara para paguyangan secara beragam melakukan antraksi kesenian berbalut corak tradisi masing-masing suku.

Pemeran antraksi suku di Festival Konasara disaksikan, Bupati Konut, Ruksamin, Wakil Bupati Konut, Abu Haera, Ketua DPRD Konut, Ikbar, Kapolres Konut, AKBP Priyo Utomo, Sekda Konut, Safruddin, Kepala Kejaksaan Negeri Konawe, Kepala Pengadilan, jajaran OPD, dan masyarakat umum.

Selain paguyuban se-Sultra, festival budaya juga di ikuti dari Pemerintahan Konut mulai pemerintah Kecamatan sampai Kabupaten.

Beragam dekorasi, modifikasi kostum dan aramada yang di hiasi berbagai macam tampilan warna, corak, dan model juga ditampilkan para Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dan dipertontonkan ke masyarakat.

Festival Konasara yang berlangsung di Ibu Kota Wanggudu berlangsung meriah, dan dipadati ribuan pengunjung, serta 78 peserta karnaval dari paguyuban, OPD, dan pemerintah kecamatan.

Pembacaan sinopsis para paguyuban oleh tiap-tiap ketua, rata-rata menyatakan sikap mendukung Bupati Konut, Ruksamin menjadi Gubernur Sultra selanjutnya. Serta, mendoakan menjadi Gubernur Sultra, diantaranya;

Ada Paguyuban Patri Sultra. Melalui koordinatornya, Suhardiman menyampaikan para pemimpin Konawe Utara senantiasa peroleh kesehatan dan panjang umur.

“Khusus bapa Bupati Konut, Ruksamin kami doakan semoga bapak jadi Gubernur Sulawesi Tenggara,”ucapnya dengan nada keras menggunakan microfon sembari mengucapkan Bismillahirahmanirrahim….

Seruan doa juga datang dari Paguyuban Jogjakarta. melalui koordinatornya prof. Dr. Eka suaib menyampaikan selamat ulang tahun untuk Kabupaten Konawe Utara, selalu maju dan jaya. Serta Bupati Konut Ruksamin menjadi Gubernur Sultra Selanjutnya.

“Insyaallah Konawe Utara sebagai pusat energi dunia. Dan akan jadikan Sulawesi Tenggara Pusat Energi Dunia Tahun Depan,”katanya diacara itu.

Paguyuban Maluku juga mengambil peran menyampaikan doanya untuk Bupati Konut Ruksamin yang diharapkan masyarakat menjadi Gubernur Sultra selanjutnya.

Lain dari itu juga, doa datang dari Paguyuban Bulukumba. Oleh koordinatornya, Lili. Mengungkapkan selamat HUT Konut ke 17 Konut Transformasi Sultra Emas untuk Indonesia Maju.

“Buton, Bau-Bau untuk Ruksamin yes,yes,yes, Gubernur Sulawesi Tenggara,”ucap Lili saat melakukan antraksi seni.

Tanda penghormatan dari suku-suku, juga diberikan kepada Bupati Konut Ruksamin diacara itu, diantara dari Suku Tolaki, Muna, Buton, Bau-bau.

Lain dari itu, Ruksamin juga mendapat penghargaan dari paguyuban suku-suku seperti Suku Jawa diacara itu.

Paguyuban Dewan Pembina Daerah (DPRD) Masyarakat Selayar Sutlra. Menyatakan selalu siap berpartisipasi pada perayaan HUT Konut Ke 17, dan selalu mendukung dan mendoakan Bupati Konut, Ruksamin menjadi Gubernur Sulawesi Tenggara.***(IS) (ADV)

Laporan: Jefri

Koran Indosultra Koran Indosultra