Gerak Cepat Damkar Konut Berhasil Padamkan Kebakaran Rumah, Efek Dari Piket Aktif

Gerak Cepat Damkar Konut Berhasil Padamkan Kebakaran Rumah, Efek Dari Piket Aktif
Tim Damkar Konut saat melakukan penyelamatan kepada warga yang terkena musibah kebakaran

Indosultra.Com, Konawe Utara-Gerak cepat tim Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Pemerintah Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra), berhasil memadamkan kebakaran rumah warga yang terjadi beberapa waktu lalu di Desa Laronaha, Kecamatan Oheo, pada Selasa (24/1/2023), pukul 21.00 wita.

Poin penting dalam kegiatan itu adalah upaya personil Damkar Konut yang dengan gesit, dan sigap melakukan penyelamatan kepada warga yang terkena musibah.

Aksi itu, tak lepas dari peran Kadis Damkar Konut, Djasmiddin yang mengaktifkan sistem piket 1 kali 24 kepada personilnya. Sehingga, laporan situasi dengan cepat direspon dan ditindaki.

“Efek dari piket, segala informasi cepat kita peroleh dan fasilitas penyelamatan selalu siap siaga. Sehingga, jika ada terjadi kebakaran atau mau menyelamatkan insha Allah cepat tertangani,”kata Djasmiddin diruang kerjanya, Jumat (27/1/2023).

Damkar Konut Programkan Penanganan Kebakaran Dan Penyelamatan Ditiap Kecamatan
Djasmiddin

Mantan Sekdis BPBD Konut ini menyampaikan, piket dilakukan dengan sistem sit kepada 30 tim damkar dan penyelamatan. Sif pagi mulai jam 6 pagi sampai jam 6 malam. Dan sif malam, mulai jam 7 malam sampai jam 6 pagi.

Diberitakan sebelumnya, warga Desa Laronaha, Kecamatan Oheo dibuat geger dengan terbakarnya satu unit rumah milik Sutimin (50), pada Selasa malam (24/1/2023), sekira pukul 21.00 Wita. Dari hasil investigasi, kejadian ini berawal saat terjadi pemadaman listrik selama beberapa jam.

Padamnya listrik ini membuat suasana gelap, sehingga dengan itu, salah seorang anak Sutimin berinisiatif membakar lilin, lalu menyimpang di kosen jendela kamar tidurnya.

Gerak Cepat Damkar Konut Berhasil Padamkan Kebakaran Rumah, Efek Dari Piket Aktif
Tim Damkar Konut saat melakukan penyelamatan kepada warga yang terkena musibah kebakaran

Beberapa saat kemudian, anak tersebut keluar rumah sejenak, sementara itu orang tuanya dalam keadaan tertidur pulas.

Beberapa saat kemudian, lilin tersebut jatuh di atas kasur, api kemudian menjalar hingga membakar seluruh barang-barang di sekitarnya.

Saat api tengah menjalar, warga desa yang sadar adanya kebakaran, kemudian melakukan pemadaman dengan alat sederhana, sembari menunggu petugas Damkar.

Satu jam kemudian, petugas Damkar datang membantu hingga api padam total, lalu dilakukan pendinginan. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam bencana kebakaran ini.

“Kami tidak menaksir secara pasti jumlah kerugian, namun kisaran mencapai jutaan rupiah,”kata Kadis Damkar Konut, Djasmiddin.**(IS)

Laporan: Jefri

Koran Indosultra Koran Indosultra