Hari Anak Nasional, Bangun Sinergitas Dinas PPPA Dan Dikbud Konut Wujudkan Kota Layak Anak

Indosultra.Com, Konawe Utara– Kemeriahan Hari Anak Nasional Sukses Dilaksanakan Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra).

Melalui Bidang PAUD, Hari Anak Nasional dibuat menarik melalui lomba-lomba peserta didik dari tingkat TK Dan PAUD mulai lomba mewarnai, fashion show, gerak dan lagu, serta tari kreasi.

Tercatat, Sebanyak 243 orang anak dari berbagai TK Dan PAUD ikut sukseskan Hari Anak Nasional yang berlangsung di aula hotel oheo, Kamis (15 Desember 2022).

Para peserta didik yang meraih juara diacara itu, peroleh tropi dan dana pembinaan dari Dikbud Konut. Termasuk para tenaga pendidik yang juga ikut dalam lomba Hari Anak Nasional, dan peroleh hadiah.

Dibawah Koordinator Kepala Dikbud Konut, Lapeha melalui Kabid PAUD, Leni, terbilang sukses lahirkan ide gagasan kegiatan yang melibatkan langsung anak-anak untuk mewujudkan program Kota Layak Anak (KLA) di Bumi Oheo itu.

“Selain mendorong tumbuh kembang kreatifitas anak, dan kecerdasan anak. Kegiatan lomba di Hari Anak Nasional ini juga, sebagai bentuk sinergitas bersama Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) wujudkan Kota Layak Anak di Konawe Utara,”kata Kabid PAUD, Leni diacara itu.

Bupati Konut, Ruksamin dalam sambutannya yang dibacakan Asisten l, Paul Padri Dinasr mengatakan, Hari Anak Nasional adalah momen intropeksi diri sebagai pemerintah, orang dewasa, dan orang tu, untuk memberikan perlindungan yang memadai kepada anak, dan memenuhi hak-hak anak. Serta kebutuhan anak.

Disampaikan, Pemerintah Konut berada digarda depan terus melindungi dan mengupayakan hak-hak anak. Serta, berkomitmen bersama para mitra terkait untuk memberikan jaminan pemenuhan hak-hak anak sebagai perwujudan Kabupaten Layak Anak.

Kepala Dinas Dikbud Konut Lapeha, melalui Kabid PAUD, Leni kembali mengatakan, berbagai aksi kegiatan berlangsung di Hari Anak Nasional. Hal itu, sebagai upaya mengasah kemampuan dan kreativitas anak agar lebih cerdas, berkualitas dan berdaya saing.

“Kegiatan ini juga sebagai bentuk penghormatan, perlindungan, dan pemenuhan hak-hak anak sebagai generasi penerus bangsa,”ujarnya

Wanita berkacamata ini mengharapkan, agar senantiasa adanya dukungan dan apresiasi untuk para peserta didik, dan tenaga pendidik PAUD agar terus termotivasi, merangsang kreativitas peserta didik, dan tenaga pendidik menuju meredeka mengajar, dan merdeka belajar.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas PPPA Konut, Sarlina memberikan apresiasi atas suksesnya diselenggarakan kegiatan hari Anak Nasional.

Menurutnya, ide dan gagasan yang di lakukan Bidang PAUD Disdikbud Konut dapat meningkatkan semangat belajar peserta didik, dan tampil berdaya saing.

Istri dari Wakil Bupati Konut, Abu Haera ini menambahkan, aksi lomba yang di gelar di hari Anak Nasional juga menjadi terobosan baik untuk mensukseskan percepatan kota layak anak di Konawe Utara.

Lanjutnya, peran semua pihak sangat penting untuk tumbuh kembang peserta didik menjadi generasi penerus yang cerdas, dan memiliki daya saing tinggi.

Membawahi dinas perlindungan anak dirinya mengharapkan, inovasi-inovasi dapat terus dilahirkan oleh semua mitra terkait untuk merangsang semangat peserta didik menumbuhkan bakat kreatifitas yang dimiliki.**(IS) (ADV)

Laporan: Jefri

Koran Indosultra Koran Indosultra