Hari Ketiga Musrenbang di Oheo Dan Asera, Bupati Konut Tekankan Sektor Pertanian Dan Perkebunan Lebih Produktif

Indosultra.Com, Konawe Utara – Bupati Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra), Ruksamin terus mengekspresikan komitmennya untuk pengembangan daerah dengan melanjutkan agenda Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan.

Pada hari ketiga pelaksanaan Musrenbang, Bupati Konut, Ruksamin menunjukkan dedikasinya dengan membuka dua acara musrenbang sekaligus di Kecamatan Oheo dan Asera.

Kegiatan tersebut berlangsung pada Rabu, 24 Januari 2024, di dua lokasi yang berbeda, yakni aula kecamatan Oheo dan Asera.

Dengan partisipasi aktif dari berbagai pihak, mantan Ketua DPRD Konut ini memimpin diskusi yang mendalam mengenai prioritas pembangunan di kedua kecamatan tersebut.

Tidak hanya sebatas pembukaan acara, Ruksamin kembali memberikan arahan penting kepada para kepala desa yang hadir.

Pria yang juga menjabat Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Bulan Bintang (PBB) ini, menekankan pentingnya mengarahkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) untuk fokus pada produksi pertanian dan perkebunan.

“APBD kita arahkan bagaimana kita bisa berproduksi,” ucapnya diacara itu.

Lebih lanjut, Ruksamin juga menegaskan bahwa sektor pertanian adalah pilar utama yang menopang Produk Domestik Regional Bruto (PDRB).

Dalam pandangannya, pertanian menjadi pondasi kuat dalam menggerakkan roda ekonomi daerah, dan karenanya perlu mendapatkan perhatian maksimal.

Untuk memastikan kelancaran program produksi pertanian dan perkebunan, lelaki yang juga sebagai Ketua IKA UMI Sultra ini tidak lupa untuk memeriksa kesiapan lahan di setiap desa.

Tindakan itu, menunjukkan kepedulian pemerintah dalam mendukung para petani dan meningkatkan ketahanan pangan daerah.

Di tengah serangkaian arahan pembangunan, Ruksamin juga tidak mengabaikan aspek keamanan dan kesejahteraan masyarakat.

Ia mengingatkan warga untuk tetap waspada terhadap cuaca ekstrem yang melanda saat ini.

“Cuaca sekarang lagi ekstrem, tolong para kepala desa sampaikan kepada masyarakat,” ucapnya dengan serius.

Sebagai langkah antisipatif, Bupati Konut, Ruksamin mengumumkan rencana untuk segera melakukan apel siaga bencana.

Keputusan ini menunjukkan kesiapan dan kesigapan pemerintah daerah dalam menghadapi potensi risiko alam yang dapat mengancam masyarakat.

Dalam acara itu dirinya kembali berbagi kepedulian dengan menyerahkan secara simbolis bantuan alat pendeteksi stunting kepada Desa dan Puskesmas di Kedua Kecamatan itu.

Hadir dalam acara ini sejumlah pejabat penting yakni Anggota DPRD Konut Sawi Lapalulu, Rasmin Kamil, dan Malik, Forkopimda Konut, Asisten, Staf Ahli, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat Oheo dan Asera, serta seluruh Kepala Desa dan Lurah di dua kecamatan itu.***(IS)

Laporan: Jefri

Koran Indosultra Koran Indosultra