Hari Nusantara 2022, Kementerian Investasi Ajak Masyarakat Wakatobi Peduli lingkungan

Hari Nusantara 2022, Kementerian Investasi Ajak Masyarakat Wakatobi Peduli lingkungan

Indosultra.com, Kendari – Kementerian Investasi mengajak masyarakat Sulawesi Tenggara (Sultra) untuk penduli dan menjaga lingkungan. Hal itu bertepatan dengan peringatan Hari Nusantara 2022 pada 14 Desember 2022 yang akan dilaksanakan di Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Hari Nusantara 2022 ini bertemakan “Penguatan Ekonomi Maritim Melalui Kolaborasi Investasi Berkelanjutan Untuk Indonesia Bangkit Lebih Kuat”.

Deputi Bidang Promosi Penanaman Modal Kementerian Investasi (BKPM),NurulIchwan mengatakan, kegiatan itu menekankan pada kolaborasi investasi yang berkelanjutan. Dengan poten laut yang dimiliki, Wakatobi menjadi peluang bagi Indonesia untuk menghidupkan kembali roda perekonomian nasional.

“Tujuan diadakannya Hari Nusantara adalah menggugah kepada masyarakat,memelihara,menjaga kelestariannya,dan mendukung ekosistem laut. Kegiatannya tidak hanya untuk lautnya tapi juga untuk masyarakat disekitar laut,”ungkap NurulIchwan dalam rilis pers, Jumat (9/12/2022) siang.

Lebih lanjut ia menerangkan bahwa target jangka pendek adalah memberi keuntungan dari sisi ekonomi, karena tidak kurang dari 5000 pengunjung akan hadir dapat menikmati pesona Wakatobi. Harapannya, kegiatan ini dapat merefleksikan seluruh wilayah Indonesia yang kuatakan sektor kelautan.

“Wakatobi merepresentasikan keindahan alam Indonesia yang cukup kompleks.Hal ini menjadi cerminan keseluruhan alam laut Indonesia yang berkontribusi pada pariwisata yang cuku prepresentatif,”pungkasnya.

Mewakili Kementerian Perhubungan, Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik, Hartanto,menyampaikan dukungannya gelaran Hari Nusantara 2022 ini. Dirinya menyampaikan bahwa pihaknya akan memberikan akses transportasi dengan menyediakan satu unit kapal PSO dari Pelni,tiga unit kapal perintis,empat kapal swasta,dan kapal lainnya.

“Armada laut dari eksternal juga turut mendukung Hari Nusantara seperti kapal penyeberangan,juga dari penerbangan akan ada dari Makassar seperti dari PT. Wings Air. Jika dibutuhkan penambahan penerbangan turut diupayakan,” terangnya.

Untuk mendukung pilar poros maritim dunia, Kementerian Perhubungan memberikan dukungan untuk pelaksanaan Hari Nusantara 2022 berupa akses transportasi. Selain itu juga meningkatkan konektivitas antar pulau melalui program tol laut. Program ini dilakukan untuk menjaga disparitas harga antara wilayah Indonesia Timur dengan daerah Jawa. Keberadaan tol laut mencoba untuk membantu pulau 3T yang sulit terjangkau oleh transportasi.

“Ada efek domino yang akan didapatkan setelah pelaksanaan Hari Nusantara 2022 di Wakatobi, yaitu sektor ekonomi. Kementerian Perhubungan telah mengoperasikan angkutantol laut sebanyak 158 trayek, serta mengembangkan fasilitas pelabuhan di 18lokasi yang mendukung kelancaran program tol laut,” pungkasnya. (b)

Laporan: Ramadhan

Koran Indosultra Koran Indosultra