Hebatnya Ruksamin Gerakkan Program Pertanian, Konut Langsung Keciprak Lagi Bantuan Kisaran 30 Miliar Dari Mentan RI

Indosultra.Com, Konawe Utara – Disetiap program yang dilaksanakan, atau kegiatan nasional yang diikuti Bupati Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra), Dr.Ir.H.Ruksamin,ST.,M.Si.,IPU.,Asean Eng, selalu memberikan keuntungan untuk daerah Konawe Utara.

Pelaksanaan program kerja yang dilaksanakan baik itu sektor pendidikan, kesehatan, ketahanan pangan dan pertanian, selalu memberikan imbas positif pada kesejahteraan masyarakat dan daerah.

Berbagai bantuan pun selalu diperoleh daerah Bumi Oheo itu dari Pemerintah Pusat,.mulai dari fasilitas sarana dan prasarana sampai dengan penambahan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah APBD (APBD) yang kini mencapai 2,2 Triliun, tertinggi di Sultra dari 16 Kabupaten/Kota.

Rabu, 10 Januari 2024 dini hari Konawe Utara kembali lagi memperoleh bantuan kisaran Rp 30 miliar dari Menteri Pertanian (Mentan) RI, Andi Amran Sulaiman.

Kunjungannya di Konawe Utara memberikan dampak positif pada perkembangan program sektor pertanian yang saat ini gencar digerakkan Bupati Konut, Ruksamin.

Bantuan yang diberikan Menteri Pertanian ini tidak berupa dana tunai, melainkan dalam bentuk bibit dan peralatan alat pertanian.

Mentan RI, Andi Amran Sulaiman memberikan apresiasi atas peran Pemerintah Konut di bawah kepemimpinan Bupati Konut, Ruksamin dan Wakil Bupati Konut, Abu Haera yang terus mendorong kemajuan program sektor pertanian.

Gerakan program pertanian, Bupati Konut, Ruksamin yang banyak melahirkan gagasan mampu memberikan kemajuan hasil pertanian masyarakat yang signifikan.

Seperti yang diterangkan Ruksamin, berbagai program dijalankan dalam pemanfaatan segala potensi yang ada di Konawe Utara, salah satunya sector pertanian.

Untuk terus menumbuhkan geliat ekonomi pada sector pertanian, Bupati Konut 2 periode ini pun meluncurkan Program P2KP (Program Pemanfaatan Kebun Pekarangan). Program ini dinilai mampu menjaga dan meningkatkan perekonomian masyarakat, serta menjamin ketersediaan pangan di Konawe Utara.

“Kita perlu bangga, di Kab. Konawe Utara yang terkenal dengan Nikelnya, ternyata yang menjadi penyumbang terbesar Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) adalah dari sector pertanian yaitu sebesar 39,23 %.”ungkapnya.

Bahkan, untuk lebih meningkatkan lagi produksi sektor pertanian, sebagai pimpinan tertinggi, mantan Ketua DPRD Konut ini juga telah menyiapkan lahan kurang lebih 10.000 hektar untuk ditanami komoditi jagung.

Bukan hanya itu, untuk menyesuaikan dengan era digital, dan untuk memudahkan petani dalam mendapatkan pupu, serta memudahkan dalam pemasaran hasil pertanian, Ruksamin juga melaunching aplikasi Pak Tani KONASARA.

Ditempat itu, Mentan RI Andi Amran Sulaiman dalam sambutannya, memberikan bantuan pertania yang di taksir berkisar 20 sampai 30 miliar untuk Konawe Utara diantaranya dalam bentuk bantuan Bibit dan Peralatan Pertanian.

Mentan RI mengajak seluruh pihak untuk bekerja bersama-sama untuk mewujudkan Indonesia Swasembada, berdaulat, bahkan menguasai pangan Dunia.

Andi Amran Sulaiman juga sedikit bernostalgia dengan daerah (Konawe Utara) yang pernah didiaminya di tahun 1999 tersebut.

Beliau menceritakan pengalaman pertamanya dalam menggarap dan mensukseskan perkebunan sawit di Konawe Utara dalam upaya menciptakan swasembada pangan.

Seperti diketahui, Pemerintah Daerah Konawe Utara hari ini Rabu (10/01/2024) mendapat kunjungan istimewa dari Kementrian Pertanian Republik Indonesia.

Kunjungan yang bertajuk Tanam Perdana Komoditi Jagung Dalam Rangka Peningkatan Produksi Sektor Pertanian di Kab. Konawe Utara tersebut dihadiri langsung oleh Menteri Pertanian RI Dr. Ir. H. Andi Amran Sulaiman, M.P.

Dengan menggunakan Helikopter, kedatangan H. Andi Amran Sulaiman di Bumi Oheo disambut langsung oleh Bupati Konawe Utara Dr. Ir. H. Ruksamin, S.T., M.Si., IPU., ASEAN. Eng, yang kemudian bersama-sama bertolak ke lokasi acara yang di tempatkan di Desa Amolame, Ke. Andowia.

Juga terlihat hadir dalam acara, Sekertaris Daerah Prov. Sulawesi Tenggara Drs. H. Asrun Lio, M.Hum., P.Hd mewakili PJ Gubernur Sulawesi Tenggara, Jajaran FORKOPIMDA Prov. SULTRA, Wakil Bupati Konawe Utara H. Abu Haera., S.Sos., M.Si, Ketua DPRD KONUT Ikbar, S.H, FORKOPIMDA Konawe Utara, serta para Camat, Kepala Desa, Babinsa, dan Penyuluh Pertanian se Kab. Konawe Utara.***(IS) (ADV)

Laporan: Jefri

Koran Indosultra Koran Indosultra