Inspektorat Kabupaten Morowali Duplikasi Aplikasi Jaga Kendari dan E-Proksi

Inspektorat Kabupaten Morowali Duplikasi Aplikasi Jaga Kendari dan E-Proksi

Indosultra.com, Kendari – Kantor Inspektorat Pemerintah Kabupaten Morowali Sulawesi Tengah (Sulteng) melakukan kerjasama dengan Pemerintah Kota Kendari, dalam duplikasi Aplikasi pada Jari (Jaga Kendari) dan e-proksi (Program Pencegahan Korupsi secara elektronik). Hal itu dilakukan guna mencegah tindak pidana korupsi dan pengawasan terhadap pelayanan publik di lingkup Pemkab Morowali.

Penandatangan kerjasama itu dilakukan bersama dengan Inspektur Kota Kendari, Syarifuddin, di aula Inspektorat Kota Kendari, Rabu (13/10/2021).

Syarifuddin menjelaskan, aplikasi yang kini bakal diduplikasi itu telah menunjukkan perubahan dalam proses pelayanan dan pengawasan publik di Kota Kendari. ” Kami berupaya untuk menciptakan alat ini, tidak hanya sekejap saja penggunaannya tapi berlangsung sampai kapanpun,” terang Syarifuddin usai menerima kunjungan Inspektorat Kabupaten Morowali.

Dijelaskan aplikasi Jari saat ini telah didownload lebih dari 20.000 kali dan hingga kini masih digunakan, sementara itu untuk e-proksi sendiri tengah mencapai 6000 download. ” Harapannya aplikasi itu dapat digunakan sebagai sarana pencegahan. Kami berupaya untuk menciptakan alat ini, tidak hanya sekejap saja penggunaannya tapi berlangsung sampai kapanpun,” ungkapnya.

Inspektorat Kabupaten Morowali Duplikasi Aplikasi Jaga Kendari dan E-Proksi

Inspektur dari kantor Inspektorat kabupaten Morowali, Afridin menjelaskan bahwa kedua aplikasi itu diharapkan dapat diimplementasikan oleh pemerintah kabupaten Morowali.

“Kalau saya melihat aplikasi ini dapat diduplikasi oleh seluruh pemda di Indonesia. Bisa itu,” kata Afridin.

Selain itu, dirinya pun menyampaikan rasa terimakasih, sehingga upaya inspektorat Morowali dalam kualitas pengawasan inspektorat di bidang elektronifikasi dapat terbantu. (b)

 

Laporan Rachmat Ramadhan