Jelang Mudik Lebaran, KSOP Kendari Cek Kelayakan Kapal Penumpang

Jelang Mudik Lebaran, KSOP Kendari Cek Kelayakan Kapal Penumpang
Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IIA Kendari, melakukan remcek atau pengecekan kapal-kapal penumpang yang akan beroperasi jelang mudik lebaran nanti. (indosultra.com)

Indosultra.com,Kendari – Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IIA Kendari, melakukan remcek atau pengecekan kapal-kapal penumpang yang akan beroperasi jelang mudik lebaran nanti.

Kepala KSOP Kelas IIA Kendari, Agus Winarto mengatakan, pengecekan kapal ini dilaksanakan untuk mengantisipasi jika ada temuan-temuan yang tidak diinginkan seperti alat keselamatan, dan juga masalah sekocinya.

Termasuk seluruh aspek keselamatan dalam kapal semuanya dicek, sehingga ada waktu perbaikan jika ada kerusakan dan saat berlayar tidak berakibat fatal saat berlayar.

“Kami juga sudah meminta sama operator kapal untuk menyiapkan kapal-kapal cadangan jelang mudik nanti, karna ini menjadi tanggung jawab kami untuk aspek kelancaran, keselamatan, keamanan, ketertiban. Karna masyarakat ini sudah lebih 2 tahun sudah tidak balik kampung(Mudik), mungkin mudik tahun ini diperkirakan akan sangat besar,” ucap Agus, Selasa (5/4/2022).

Lanjut Agus, saat ini ada 27 kapal tapi belum beroperasi dan masih dalam perbaikan, dan yang beroperasi ada 8 unit kapal. Oleh karena itu, pihaknya meminta operator kapal untuk menyiapkan kapal cadangan, jika arus penumpang membludak.

“Untuk masyarakat yang mudik nanti harus mematuhi protokol kesehatan dan juga sudah melalukan vaksin 1 dan ke dua dan juga sudah melakukan antigen,”bebernya. (b)

Penulis : K15