Kejuaraan TARKAM Kemenpora Sukses Berlangsung, Ketua KONI Konut Apresiasi Peran Dispora

Abu Haera - M. Nurhidayat Ufi

Indosultra.Com, Konawe Utara – Kejuaraan Antar Kampung (TARKAM) yang di selenggarakan oleh Kementerian Pemuda Olahraga (Kemenpora) RI sukses berlangsung di Kabupaten Konawe Utara (Konut).

Suksesnya Ivent TARKAM di Bumi Oheo tak lepas dari peran Dinas Pemuda Olahraga (Dispora) Konut yang bekerja dengan baik mensukseskan program nasional keolahragaan itu.

“Kami ucapkan selamat atas suksesnya kejuaraan TARKAM di Kabupaten Konawe Utara. Ini menjadi semangat kita untuk terus mengembangkan dunia olahraga dan bakat para atlet-atlet kita. Saya juga berikan apresiasi besar atas peran Dinas Pemuda Olahraga sehingga kegiatan TARKAM ini bisa berjalan sukses hingga selesai,”ungkap Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Konut, Abu Haera, S.Sos.,M.Si, Jumat 21 Juni 2024.

Pria yang juga menjabat Wakil Bupati Konut ini mengatakan, Dinas Pemuda Olahraga Konut saat ini mampu membuktikan kinerjanya baik dari segi peningkatan infrastruktur maupun sumber daya manusianya.

Terbukti, sarana dan prasarana olahraga masyarakat, hingga tempat pegawai bekerja mengalami perubahan yang baik dan lebih maju.

“Tentu kami berharap hal seperti ini terus di pertahankan dan tingkatkan demi kemajuan daerah kita, terutama di dunia olahraga yang menjadi tugas dari Dinas Pemuda Olahraga,”harapnya.

Seperti diketahui, Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra), merupakan salah satu daerah yang berhasil mendapatkan tiket pelaksanaan kejuaraan Antar Kampung (TARKAM) yang diselenggarakan Kementerian Pemuda Olahraga (Kemenpora) RI.

Kejuaraan TARKAM merupakan program Presiden RI, Joko Widodo melalui Kemenpora RI untuk mengembangkan semangat olahraga masyarakat, serta meningkatkan kualitas talenta, dan bakat di dunia olahraga.

Program kejuaraan TARKAM berlangsung secara nasional di seluruh Indonesia. Dan hanya berlangsung di 86 titik saja di Kabupaten/Konut. Konawe Utara merupakan salah satu daerah yang berhasil meraih tiket kejuaraan TARKAM.

Menanggapi hal itu, Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Konut, H. Abu Haera, S.Sos.,M.Si menyampaikan rasa syukurnya atas kepercayaan yang diberikan Kemenpora RI untuk menyelenggarakan kejuaraan TARKAM.

Baginya, hal itu merupakan penghargaan yang luar biasa untuk terus mendorong kemajuan dunia olahraga di Bumi Oheo.

“Ini merupakan tanda kemajuan dunia olahraga kita, untuk terus mendorong pengembangan bakat masyarakat dalam berolahraga, menciptakan bibit berkualitas di dunia olahraga yang membawa harum nama Konawe Utara. Ini akan terus kami suport baik dari Pemerintah maupun KONI,”ungkap Abu Haera, Jumat 21 Juni 2024.

Pria yang juga menjabat Wakil Bupati Konut ini menegaskan, prestasi dunia olahraga di Konawe Utara bukan hanya sekedar formalitas atau isapan jempol belaka. Melainkan sudah terbukti Kemajuannya.

“Saat Ivent Porprov Tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara baru-baru ini, peringkat olahraga Konawe Utara naik jadi rangking 2 dari sebelumnya berada di rangking 14 dari 17 kabupaten/ di Sulawesi Tenggara. Ini komitmen bapak Bupati Ruksamin dan saya selaku Ketua KONI. Ini bukti kemajuan olahraga kita,”tegasnya.

Dan suksesnya TARKAM di Konawe Utara, dirinya berkomitmen akan terus mendukung dan memberikan support penuh program kemajuan dunia Olahraga di Konawe Utara.

Sementara itu pihak Kemenpora RI melalui Bidang Olahraga, Dr. Uslan Kisra, ST.,MT, menuturkan,Kejuaran tarkam adalah amanah Presiden RI, Joko Widodo melalui Kemenpora bahwa untuk menggulirkan pertandingan- ertandingan di tingkat daerah khususnya yang ada di Kampung-Kampung.

Diungkapkan, Konawe Utara merupakan salah satu daerah dari 86 titik di seluruh indonesia yang menyelenggarakan TARKAM.

“Kami berharap bahwa tarkam di Kabupaten Konawe Utara ini bisa berjalan sesuai harapan untuk pengembangan dunia olahraga dan bakat para atlet. Insyaallah kami akan kembali lagi di tahun depan,”ungkapnya.

Disampaikan, Usulan Kisra, dalam kejuaraan TARKAM ini, ada 4 cabang olahraga (cabor) yang di pertandingkan antara lain; bola voli, bulutangkis, fandran dan senam. Untuk senam Kolaborasi antar Kementerian Kesehatan dan Kemenpora.

“Kami dari bidang pemuda olahraga Kemenpora RI, tentunya berharap bahwa tarkam ini jadi wadah masyarakat berolahraga mengembangkan bakat, dan talenta khususnya bidang olahraga,”harapnya.

“Selain itu meningkatkan partisipasi olahraga, dengan harapan bahwa dengan meningkatnya minat olahraga masyarakat akan meningkatkan kebugaran, serta mencari bibit atlet,”tambahnya.

Ditempat itu, Kepala Dinas Pemuda Olahraga (Dispora) Konut, M. Nurhidayat Ufi, ST.,M.Si menyampaikan rasa terimakasihnya kepada pihak Kemenpora RI yang memberikan kepercayaan dan kesempatan untuk Kabupaten Konawe Utara menyelenggarakan kejuaraan TARKAM.

Dikatakan, program yang laksanakan ini merupakan salah satu wadah untuk meningkatkan kualitas dunia olahraga di Konawe Utara, dan pengembangan bakat para atlet-atlet khususnya dibidang olahraga.

“Alhamdulillah dari, 86 kabupaten/kota di seluruh Indonesia yang mendapat Kouta untuk menyelenggarakan kejuaraan TARKAM, Kabupaten Konawe Utara merupakan salah satunya. Ini menjadi kebanggaan kita. Artinya Konawe Utara di perhitungkan di tingkat nasional,”tutupnya.**(IS/B/ADV)

Laporan: Jefri

Koran indosultraKoran indosultra
error: Hak cipta dilindungi undang-undang !!