Kerjasama Pemda Konut, BIN Sultra Kembali Laksanakan Layanan Vaksinasi Covid-19

Ketgam: Tim Vaksinator Pemda Konut bersama BIN Sultra saat melakukan layanan vaksinasi covid-19.(Indosultra.Com)

Indosultra.Com, Konawe Utara-Koordinasi dan kerjasama dalam melakukan upaya pencegahan, serta penyebaran virus covid-19 terus di lakukan pihak Badan Intelijen Negara (BIN) Sulawesi Tenggara (Sultra). Salah satunya di Kabupaten Konawe Utara (Konut).

Bekerjasama dengan Pemda Konut memalui Satuan Gugus Tugas Covid Konut, BIN Sultra dipimpin langsung Brigjen TNI Raden Toto Oktaviana, kembali melakukan layanan vaksinasi yang menyasar ke masyarakat umum dan pelajar.

Titik kegiatan, berlangsung di 22 Puskesmas wilayah Konut bersama tim vaksinator. Pemda Konut, mendukung full ketersediaan sarana dan prasarana vaksinasi.

Sebelumnya, diawal Oktober lalu, pihak BIN Sultra telah melaksanakan program vaksinasi massal di Bumi Oheo itu. Untuk memaksimalkan target capian vaksinasi BIN Sultra kerjasama Pemda Konut kembali jalanakn misi kemanusiaan tersebut.

“Kami menyambut baik, dan apresasi setinggi-tingginya ata program layanan vaksinasi covid-19 yang kembalikan digelar pihak BIN Sultra dipimpin langsung bapak Brigjen TNI Raden Toto Oktaviana kerjasama Pemda Konut. Ini adalah langkah upaya kita mempertahankan zero covid-19 di Konut dan level l PPKM Covid-19 di Konut,”kata Bupati Konut, Ruksamin, Rabu, (17/11/2021).

Sebagai mana diketahui, Presiden Joko Widodo terus mengimbau kepada seluruh warga untuk mengikuti program vaksinasi. Hal ini bertujuan, agar seluruh warga mendapatkan herd immunity di masa pandemi yang hingga saat ini terus berlanjut.

Guna mendukung imbauan dari orang nomor satu di Indonesia itu, BIN Sultra terus menggenjot percepatan vaksinasi bagi warga dan pelajar.

Kepala BIN Sultra, Brigjen TNI Raden Toto Oktaviana mengatakan, bahwa langkah nyata yang diambil BIN Sultra yakni dengan terjun langsung ke lapangan untuk menyelenggarakan vaksinasi bagi warga.

Tidak hanya melakukan di beberapa tempat saja, tetapi pihaknya juga menjemput bola dengan mendatangi rumah ke rumah. Vaksinasi kembali digelar di 26 titik berbeda.

“Hari ini kita lakukan di 16 kabupaten/kota yang ada di Sultra dengan lokasi 26 titik berbeda. Selain kami lakukan di tempat-tempat tertentu, kami juga langsung mendatangi rumah warga dengan target lansia yang tidak sempat datang untuk vaksin,”ujarnya.

Dibeberkannya, target vaksinasi yang digelar sejak Senin (15/112021) yakni sebanyak 6.350 orang dengan sasaran pelajar dan warga. Mitra lembaga pendidikan tinggi seperti, Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari juga dilibatkan.

“Khusus UHO kita target sebanyak 300 orang dengan sasaran mahasiswa dan pegawai rektorat, nampaknya bisa mencapai 400 orang. Antusiasnya tinggi”ungkapnya.

Toto, sapaan akrabnya juga berharap agar seluruh masyarakat ikut berperan aktif dalam program vaksinasi yang digelar pemerintah agar mendapatkan herd immunity. Selain itu, ia juga mengimbau agar warga tetap menerapkan protokol kesehatan dalam menjalankan aktivitas di luar rumah.

“Kita saat ini masih menghadapi masa pandemi, sehingga dengan vaksinasi kita bisa mendapatkan kekebalan tubuh, jangan takut untuk divaksin karena sudah diuji aman dan halal,” pesannya.

Sebelumnya, BIN Sultra juga telah melaksanakan vaksinasi pada 4 hingga 6 November 2021 dengan capaian 6.100 orang pada 10 kabupaten/kota di Sultra lalu BIN Sultra kembali menggelar vaksinasi di 4 kabupaten/kota di Sultra pada tanggal 11 hingga 13 November 2021 dan berhasil mendapatkan 3.500 orang yang mau divaksin.**(IS)

Laporan: Jefri Ipnu