Ketua DPRD Konut: Pembebasan Lahan Huntap Dianggarkan 4,7 Miliar

Ikbar

Indosultra.Com, Konawe Utara- Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra), Ikbar mengungkapkan, pembebasan lahan hunian tetap (huntap) dianggarakan sebesar Rp 4,7 miliar.

Anggaran tersebut, kata Ikbar, diperuntukkan untuk membayar lahan masyarakat tempat akan didirikan huntap korban banjir 2019 lalu.

“Dananya dimasukkan di APBD perubahan tahun ini 2022 sebesar 4,7 miliar. Ini sesuai dengan jumlah lahan yang akan di bebaskan untuk pembangunan huntap,”katanya kepada awak media diruang kerjanya, Jumat (9/9/2022).

Pria bergelar magister hukum ini menyampaikan, DPRD bersama Pemerintah Darah (Pemda) Konut terus bekerjasama mendorong percepatan penyelesaian lahan untuk pembangunan huntap.

“Insyaallah kami terus berupaya bersama pemerintah agar tahun ini clear semua untuk pembebasan lahannya. Kita tau sendiri bahwa yang digunakan ini adalah dana negara, jadi semua butuh proses dan kesabaran,”ujarnya.

Disebutkan, lokasi pembebasan lahan huntap antara lain berada di Puusli, Puuwonua, Puuwanggudu, Alawanggudu, Wanggudu Raya, Tapuwatu, Walalindu, Walasallo, Kelurahan Asera, Longeo. Kemudian ada yang berada di Kecamatan Oheo, Langgikima, Landawe, Wiwirano.**(IS) (Lipsus)

Laporan: Jefri