KLB Askab PSSI Konawe Ricuh, Panitia Diduga Menangkan Salah Satu Calon

KLB Askab PSSI Konawe Ricuh, Panitia Diduga Menangkan Salah Satu Calon

Indosultra.com, Unaaha – Kongres luar biasa (KLB) Asosiasi Kabupaten (Askab) Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Konawe yang digelar di salah satu hotel di Unaaha, Jumat (5/8/2022) berlangsung ricuh. Peserta kongres dan panitia beradu argumen hingga berujung bentrok.

Salah satu panitia bernama Hendrayadi, mengalami luka di bagian bibir bawah sebelah kanan karena terkena pukulan tangan dari salah satu peserta kongres.

Peserta KLB, Jumar Lakarama mengungkapkan bahwa panitia dan pelaksanaan kongres hari ini gagal prosedural. Olehnya ia meminta pihak Asosiasi provinsi (Asprov) PSSI Sulawesi Tenggara untuk mengambil alih pelaksanaan KLB. “Mewakili 7 pemilik hak suara atau voters dari klub yang hadir hari ini meminta panitia pemilihan transparan, dan tidak ada hal-hal yang disembunyikan,” tegasnya.

Selain itu, Jumar juga meminta kepada Asprov PSSI Sultra melakukan peninjauan ulang terhadap keberadaan PLT Askab PSSI Konawe yang telah melaksanakan KLB secara tidak terbuka. “KLB hari ini by design. Kami meminta agar Asprov melakukan peninjauan ulang terhadap PLT Askab PSSI Konawe yang telah gagal menyelenggarakan Kongres hari ini,” jelasnya.

Senada dengan hal itu, salah satu pemilik mandat klub Lakidende FC Sumantri menyesalkan kinerja panitia yang secara sengaja dan terang-terangan memenangkan salah satu calon. “Bagaimana kita mau menyatukan sepak bola di Konawe kalau panitia KLB hari ini secara terang-terangan ingin memenangkan salah satu calon,” timpalnya.

Melihat situasi yang tidak lagi kondusif La Ode Songko Panatagama, Ketua Komite Eksekutif (Exco) Asprov PSSI Sulawesi Tenggara mengambil alih pelaksanaan KLB Askab PSSI Konawe.

” KLB Askab PSSI Konawe kami ambil alih, dan tetap akan dilaksanakan dalam beberapa waktu kedepan. Olehnya kami meminta agar semua yang hadir hari ini menunjukan kedewasaan dan tidak lagi Memperpanjang kekisruhan yang ada, dan menyerahkan pelaksanaan KLB ini kepada kami untuk dilakukan secara transparan, akuntabel, prosedural dan profesional,” jelasnya.

Untuk diketahui peserta KLB Askab PSSI Konawe merupakan 10 klub atau voters yang tercatat dalam Kongres Askab PSSI tahun 2018. Calon yang mendapatkan dukungan untuk bertarung dalam perebutan kursi ketua Askab PSSI Konawe, yakni H Bahdar pemilik CV Zacky Perkasa, Rusdianto SE MM Wakil Ketua DPRD Konawe juga Ketua DPD Partai PDIP Konawe dan Erik Muhammad pemilik CV Putri Tusawuta. (b)

Laporan : Febri