Jmsi

Kota Kendari Juara Umum Lasqi, Raih 5 Emas dan 4 Perak

Indosultra.com, Kendari – Kota Kendari keluar sebagai juara umum pada Festival Lembaga Seni dan Qasidah (Lasqi) berskala besar III provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) di Kabupaten Buton Utara (Butur). Kejuaraan itu diumumkan pada malam penutup Lasqi pada Jumat (26/11/2021).

Dalam iven provinsi ini, Kota Kendari berhasil meraih 5 emas dan 4 perak. Empat emas diraih dari cabang fashion show putra dan putri, qasidah klasik putri, bintang vokalis cilik putra dan bintang vokalis dewasa putra.

Sedangkan perak diraih dari cabang qasidah klasik putra, bintang vokalis remaja putra dan putri dan nasyid. Juara 1 bintang vokalis cilik putra Nasar menyampaikan terimakasih pada pelatih, guru dan semua pihak yang telah membantunya hingga bisa meraih juara 1.

“Persiapan latihan selama satu bulan, karena saya sudah punya dasar di bidang tilawah dan sudah sering ikut STQ dan MTQ,” ungkapnya.

Sementara Mardiman Lambahina, juara 2 qasidah klasik putra mengatakan iven Lasqi merupakan ajang silaturahmi dengan peserta dari seluruh Sulawesi Tenggara. “Yang belum juara kali ini tetap semangat dan terus berlatih, sedangkan pemenangnya selamat bertanding di tingkat nasional,” katanya.

Pada Lasqi berskala besar III tingkat Sultra ini, sebanyak 34 kafilah Kota Kendari yang ikut lomba. (b)

Laporan Rachmat Ramadhan