Mantapkan Petugas KPPS, KPU Konut Gelar Bimtek TOT Pemilu 2024,

Komisioner KPU Konut, Edison Peokodo

Indosultra.com, Konawe Utara – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Konawe Utara (Konut), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) gelar Bimbingan Teknis (Bimtek), Training Of Trainer (TOT) Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Pemilu 2024.

Komisioner KPU Konut, Edison Peokodo mengatakan kegiatan bimtek KPPS dilaksanakan selama 2 hari, dibagi dua sesi yaitu mulai tanggal 23 hingga 24 Januari. Peserta terdiri 7 kecamatan yang ada di Kabupaten Konut.

“Mulai dari Langgikima, Wiwirano, Landawe, molawe, asera dan andowia, “kata Edison Peokodo, Rabu (24/1/2024) kemarin.

“Jadi kami membagi 2 sesi, untuk melati rekan-rekan badan netro dalam hal PPK, dan PPS untuk kemudian membintek kembali kepada petugas yang akan bertugas yaitu KPPS, itu salah satu poinnya,”lanjutnya.

Edison Peokodo juga menyampaikan pada tanggal 25 Januari, akan dilakukan pelantikan secara serentak di Tempat Pemungutan Suara (TPS) masing-masing untuk melantik petugas KPPS yang telah ditetapkan PPS masing-masing wilayah.

“Poin penting dari pelaksanaan TOT ini adalah Bimtek PPK dan PPS untuk menyampaikan terkait dalam pelaksanaan tugas-tugas KPPS dihari pemungutan suara,”ujarnya.

Ia juga mengungkapkan jumlah KPPS yang akan dilantik yaitu 1.820 orang dari 260 TPS sudah termaksud 7 TPS yang berada dilokasi khusus, di PT Tiran Indonesia.

“Semua dari 13 kecamatan, sebanyak 260 TPS, dan KPPS nya berjumlah 1.820 orang, “ungkapnya.

Adapun materi dalam Bimtek tersebut yaitu Kode etik dan kode perilaku KPPS, Proses pemungutan suara di TPS, dan Perlakuan KPPS terhadap pemilih.

Laporan : Ramadhan

Koran Indosultra Koran Indosultra